Kompas TV nasional hukum

Kasus Obstruction of Justice Ferdy Sambo Bela Hendra Kurniawan, Pengamat Sebut Wajar Ini Faktornya

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 05:00 WIB
kasus-obstruction-of-justice-ferdy-sambo-bela-hendra-kurniawan-pengamat-sebut-wajar-ini-faktornya
Terdakwa Brigjen Hendra Kurniawan menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat Kepolisian dari ISESS Bambang Rukminto menilai sangat wajar jika Ferdy Sambo lebih membela Hendra Kurniawan dalam sidang obstruction of justice.

Bambang menjelaskan ada dua faktor yang membuat Ferdy Sambo membela Hendra. Pertama, Mantan Karopaminal Divpropam Polri merupakan tangan kanan Sambo untuk melancakan skenario tembak-menembak.

Mengapa Hendra dinilai sebagai tangan kanan karena sejatinya Hendra yang satu tinggat di bawah Sambo bisa memberi masukan ke mantan Kadiv Propam Polri itu terkait perintah yang melawan hukum.

Berbeda dengan anak buah Sambo lainnya yang lebih tak berdaya karena relasi kuasa.

"Di level Hendra dia bisa memberikan masukan, kalau kemudian dia tidak bisa memberikan masukan kepada pimpinannya ya layak dipertanyakan profesionalitasnya sebagai karopaminal," ujar Bambang di program Kompas Malam KOMPAS TV, Sabtu (7/1/2023).

Baca Juga: Saat Hakim Bingung Sambo Hanya Bela Hendra Kurniawan, Tidak untuk Arif Rachman

Kedua, Hendra merupakan pihak yang mengatur dan memberi arahan di lapangan terkait perintah Ferdy Sambo. Hendra juga menjadi pihak yang memonitor seluruh perintah Ferdy Sambo.

Termasuk menghapus rekaman CCTV yang menjadi bukti Brigadir J masih hidup. Rekaman ini menjadi bukti kuat yang menghancurkan skenario tembak-menembak.

"Dalam kasus obstruction of justice peran Hendra besar sekali, dia berada di lapangan dan memberi arahan pada tim. Makanya asumsi kita yang muncul saling meringankan antara Sambo dan Hendra," ujar Bambang. 

Bambang menambahkan meski keterangan Ferdy Sambo sebagai saksi dalam sidang obstruction of justice lebih membela Hendra, namun majelis hakim pastinya akan membandingkan keterangan Sambo dengan saksi lainnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x