Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Indikator: Tren Elektabilitas Ganjar dan Prabowo Naik, Anies Menurun

Kompas.tv - 4 Januari 2023, 18:24 WIB
survei-indikator-tren-elektabilitas-ganjar-dan-prabowo-naik-anies-menurun
Arsip foto Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Masing-masing dari ketiga sosok itu telah ditetapkan oleh partai sebagai bakal capres 2024. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Hasil jajak pendapat yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia menunjukkkan tren elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus meningkat. 

Lalu, untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto trennya juga positif. Sementara, bakal capres Partai Nasdem Anies Baswedan angka elektabilitasnya malah menurun. 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: 71 Persen Responden Tak Tahu Parpol Peserta Pemilu 2024

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, dari simulasi tiga nama yang dilakukan pihaknya Ganjar elektabilitasnya sebesar 35,8 persen, Anies Baswedan 28,3 persen dan Prabowo 26,7 persen. 

"Bila dibandingkan dengan survei di November, elektabilitas Ganjar sebesar 33,9 persen, Anies 32,2 persen dan Prabowo 23,9 persen. Ganjar dan Prabowo menguat, Anies menurun," kata Burhanuddin dalam pemaparannya secara daring, Rabu (4/1/2023).

Burhanuddin mengatakan, tren elektabilitas Ganjar dan Prabowo mengalami kenaikan seiring peningkatan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Adapun dalam survei terkininya, Indikator menyebut tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi naik dari November sebesar 66,2 persen menjadi 71,3 persen pada Desember 2022

"Jadi saya ingat pernyataannya Zulfan Lindan, Anies dianggap sebagai antitesis Pak Jokowi. Ada benarnya di sini, karena ketika approval presiden naik, itu Anies tertekan elektabilitasnya." 

"Tentu posisi Nasdem menjadi dilematis, karena ada di bagian dari pemerintah, tapi capresnya Anies Baswedan," ujarnya. 

Sebagai informasi, survei Indikator Politik Indonesia ini dilakukan 1-6 Desember 2022. 

Baca Juga: Survei Voxpol: Responden yang Puas dengan Jokowi Cenderung Pilih Ganjar dan yang Tidak, Pilih Anies

Jumlah sampel yang digunakan dalam survei sebanyak 1.220 orang. Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka. 

Survei ini memiliki margin of error lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x