Kompas TV internasional kompas dunia

Jenazah Paus Benediktus XVI Disemayamkan Selama Tiga Hari, Pemakaman Dijadwalkan Kamis

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 07:56 WIB
jenazah-paus-benediktus-xvi-disemayamkan-selama-tiga-hari-pemakaman-dijadwalkan-kamis
Jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI disemayamkan di Basilika Santo Petrus, Vatican City, Senin (2/1/2023). Sekitar 65.000 orang melayat di hari pertama jenazahnya ditunjukkan kepada publik. (Sumber: Agenzianova.com)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

VATICAN CITY, KOMPAS.TV - Penunjukan jenazah Paus Benediktus XVI kepada publik ditetapkan selama 10 jam pada hari Senin (2/1/2023), dan masing-masing 12 jam pada hari Selasa dan Rabu mendatang. Pada hari pertama jenazahnya diperlihatkan kepada publik, sekitar 65.000 orang datang untuk memberikan penghormatan terakhir kepadanya.

Sedangkan pemakamannya dijadwalkan akan dilakukan pada Kamis (5/1/2023). Pemakaman tersebut akan dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus di Lapangan Santo Petrus.

“Seperti yang diinginkan Benediktus, pemakamannya akan dilakukan dengan kesederhanaan,” kata Vatikan saat mengumumkan kematiannya pada Sabtu.

Sesuai dengan keinginannya, makam Benediktus akan berada di ruang bawah tanah gua di bawah basilika yang terakhir digunakan oleh St. Yohanes Paulus II, sebelum jenazah orang suci itu dipindahkan ke basilika utama menjelang beatifikasinya tahun 2011.

Baca Juga: Kata Pelayat Indonesia di Antara Puluhan Ribu yang Antre Melayat Paus Emeritus Benediktus

Saat fajar menyingsing pada Senin (2/1/2022) pagi, 10 Tuan Kepausan bersarung putih membawa jenazah Benediktus XVI dengan tandu kayu berlapis kain setelah tiba di basilika ke tempat peristirahatannya, yang berada di depan altar utama di bawah kanopi perunggu Bernini yang menjulang tinggi.

Seorang Garda Swiss memberi hormat ketika jenazah Benediktus dibawa masuk melalui pintu samping, setelah dipindahkan dengan sebuah van dari kapel biara tempat ia menghembuskan napas terakhir. 


 

Sebelum umat diizinkan masuk ke basilika, doa-doa dibacakan dan imam agung basilika, Kardinal Mauro Gambetti, memercikkan air suci ke tubuh, dan awan kecil dupa dilepaskan di dekat usungan. Tangan Benediktus terkepal, sebuah rosario melingkari jari-jarinya.

Tepat setelah jam 9 pagi waktu setempat, pintu basilika dibuka sehingga publik dapat memberikan penghormatan kepada mendiang Paus. Beberapa di antara peziarah bahkan telah menunggu berjam-jam dalam cuaca dingin sejak sebelum fajar. 



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x