Kompas TV internasional kompas dunia

Lula da Silva Dilantik Jadi Presiden Brasil, Janji Usut Pemerintahan Sebelumnya yang Bermasalah

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 06:09 WIB
lula-da-silva-dilantik-jadi-presiden-brasil-janji-usut-pemerintahan-sebelumnya-yang-bermasalah
Presiden terpilih Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, tengah, meraih tangan seorang pendukungnya setelah memberikan suara dalam pemilihan presiden putaran kedua di Sao Paulo, Brasil, Minggu, 30 Oktober 2022. (Sumber: AP Photo/ Andre Penner.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

BRASILIA, KOMPAS.TV - Luiz Inácio Lula da Silva dilantik sebagai Presiden Brasil pada Minggu (1/1/2023). Dalam pidato pertamanya, dia menyatakan optimisme tentang rencana untuk membangun Brasil kembali sambil berjanji bahwa anggota pemerintahan mantan Presiden Jair Bolsonaro yang bermasalah akan dimintai pertanggungjawaban.

Lula menjabat untuk ketiga kalinya setelah menggagalkan terpilihnya Bolsonaro kembali menjadi Presiden. 

“Pesan kami ke Brasil adalah salah satu harapan dan rekonstruksi,” kata Lula dalam pidatonya di Majelis Rendah Kongres setelah menandatangani dokumen yang secara resmi mengangkatnya sebagai presiden. 

“Bangunan besar hak, kedaulatan, dan pembangunan yang dibangun bangsa ini telah dihancurkan secara sistematis dalam beberapa tahun terakhir. Untuk mendirikan kembali bangunan ini, kami akan mengerahkan semua upaya kami,” ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Lula Da Silva Deklarasikan Kemenangan sebagai Presiden Brasil yang Baru

Minggu sore di lapangan terbuka utama Brasilia, pesta pelantikan berlangsung. Puluhan ribu pendukung berbaju merah dari Partai Buruh, partai yang mendukung Lula, bersorak setelah dia dilantik.

Mereka merayakan ketika presiden mengatakan dia akan mengirim laporan tentang pemerintahan sebelumnya kepada semua anggota parlemen dan otoritas kehakiman.

Dia akan mencabut keputusan Bolsonaro yang melonggarkan kontrol senjata, dan meminta pertanggungjawaban pemerintahan sebelumnya atas penyangkalannya dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Kami tidak membawa semangat balas dendam terhadap mereka yang berusaha menaklukkan bangsa dengan desain pribadi dan ideologis mereka, tetapi kami akan memastikan supremasi hukum,” kata Lula, tanpa menyebut nama Bolsonaro. 

Lula harus melewati kondisi ekonomi yang lebih menantang daripada yang dia nikmati dalam dua masa jabatan pertamanya. Saat itu ledakan komoditas global terbukti menjadi rejeki nomplok bagi Brasil.

Pada saat itu, program kesejahteraan andalan pemerintahannya membantu mengangkat puluhan juta orang miskin ke dalam kelas menengah. Banyak orang Brasil bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya. 

Baca Juga: Kalahkan Bolsonaro, Lula Da Silva Menangi Pemilu Brasil, Rakyat Berpesta di Jalanan

Pada tahun-tahun berikutnya, ekonomi Brasil jatuh ke dalam dua resesi yang dalam — pertama, selama masa jabatan penggantinya yang dipilih sendiri, dan kemudian selama pandemi — yang membuat rakyat biasa Brasil sangat menderita.

Lula mengatakan prioritasnya adalah memerangi kemiskinan, dan berinvestasi dalam pendidikan dan kesehatan. Dia juga mengatakan akan menghentikan deforestasi ilegal di Amazon. 



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x