Kompas TV olahraga sepak bola

Piala AFF 2022 Filipina vs Indonesia: Ricky Kambuaya Tegaskan Pemain Timnas Sudah Siap 100 Persen

Kompas.tv - 1 Januari 2023, 19:07 WIB
piala-aff-2022-filipina-vs-indonesia-ricky-kambuaya-tegaskan-pemain-timnas-sudah-siap-100-persen
Ricky Kambuaya menegaskan para pemain Timnas Indonesia sudah siap 100 persen melawan Filipina di laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF 2022, Senin (2/1/2023) besok. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

MANILA, KOMPAS.TV - Gelandang Timnas Indonesia Ricky Kambuaya mengatakan ia dan rekan-rekannya sudah siap 100 persen untuk menghadapi Filipina di laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF 2022, Senin (2/1/2023) besok. 

Duel Filipina vs Indonesia yang akan dihelat di Rizal Memorial Stadium, bakal menjadi pertandingan penentuan skuad Garuda untuk lolos ke semifinal. 

Jelang laga tersebut, Kambuaya menegaskan seluruh pemain sudah siap untuk bertanding dan memberikan yang terbaik. 

"Intinya, saya dan pemain sudah siap ya. Besok kami akan memberikan yang maksimal untuk meraih yang terbaik," kata Kambuaya dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Manila, Minggu (1/1/2023), dipantau dari siaran langsung akun Instagram PSSI.

Untuk pertandingan besok, selain menghadapi Filipina di kandang lawan, Fachrudin Aryanto dkk juga punya tantangan lain yaitu bermain di lapangan rumput sintetis. 

Bermain di lapangan rumput sintetis tentu akan berbeda dengan bermain di lapangan rumput normal, seperti di tiga pertandingan sebelumnya. 

Tapi, pemain Persib Bandung itu mengatakan hal tersebut bukan masalah. Para pemain sudah mencoba lapangan dan siap memberikan 100 persen di pertandingan demi meraih poin penuh. 

"Untuk lapangan rumput berbeda, tidak menggunakan rumput biasa. Tapi saya pikir kemarin sudah coba langsung di lapangan, dan kami pemain timnas sudah siap," lanjutnya. 

"Bagi kami besok poin penting dan saya dan teman-teman sudah siap 100 persen," tegas Kambuaya. 

Baca Juga: Piala AFF 2022 Filipina vs Indonesia: Shin Tae-yong Motivasi Pemain agar Bisa Cetak Banyak Gol

Timnas Indonesia saat ini duduk di posisi kedua klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan  7 poin dengan selisih gol 8.

Pasukan Shin Tae-yong berada di bawah Thailand yang menempati posisi puncak dengan poin sama tapi unggul selisih gol dengan jumlah 9.

Indonesia masih berpeluang untuk lolos ke semifinal sebagai juara Grup A Piala AFF 2022, asalkan bisa menang atas Filipina dengan skor besar. 

Namun, kepastian lolos sebagai juara grup juga akan ditentukan dengan hasil di pertandingan lain yang mempertemukan Thailand melawan Kamboja. 

Berikut beberapa skenario kelolosan Timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF 2022:

  1. Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika menang atau imbang lawan Filipina.
  2. Indonesia lolos semifinal sebagai juara Grup A jika menang atas Filipina, sedangkan Thailand gagal mengalahkan Kamboja.
  3. Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika kalah dari Filipina asalkan tidak lebih dari tiga gol, sedangkan laga Thailand vs Kamboja berakhir imbang.
  4. Jika Kamboja bisa mengalahkan Thailand dan Indonesia kalah dari Filipina, skuad Garuda bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner-up dengan catatan Thailand kalah dengan skor lebih besar dari Indonesia. 

Baca Juga: Klasemen Piala AFF 2022: Begini Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x