Kompas TV nasional hukum

Soal Klaim Ferdy Sambo yang Pertama Ungkap Pembunuhan Yosua, Pengacara Eliezer: Kami Ketawa Saja

Kompas.tv - 1 Januari 2023, 11:32 WIB
soal-klaim-ferdy-sambo-yang-pertama-ungkap-pembunuhan-yosua-pengacara-eliezer-kami-ketawa-saja
Ronny Talapessy, kuasa hukum Richard Eliezer, mengaku hanya tertawa mendengar klaim yang menyebut Sambo orang pertama yang ungkap pembunuhan Yosua. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ronny Talapessy, kuasa hukum Richard Eliezer, mengaku hanya tertawa mendengar klaim dari pihak Ferdy Sambo yang menyebut Sambo merupakan orang yang pertama membongkar kasus pembunuhan Yosua.

Menurut Ronny, publik sudah tahu siapa yang pertama kali mengungkap kasus tersebut, termasuk mengetahui adanya alat bukti yang dirusak.

“Kami ketawa saja (mendengar klaim Sambo), publik sudah tahu, butuh waktu satu bulan sejak 8 Juli 2022 perkara ini terbuka, seperti yang kita lihat alat bukti dirusak, saksi diintimidasi,” ujar Ronny, Sabtu (31/12/2022).

Menurut dia, kasus pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J terkuak setelah kliennya membuat pengakuan pada 6 Agustus 2022.

Baca Juga: Bukan Richard Eliezer, Ferdy Sambo Klaim Pertama Bongkar Kasus Yosua Hutabarat

Kala itu, Eliezer menulis di selembar kertas soal tidak benar ada tembak-menambak dan ditindaklanjuti dengan berita acara pemeriksaan (BAP).

Klaim yang disampaikan oleh anggota tim kuasa hukum Ferdy Sambo, Arman Hanis tersebut, diyakini oleh Ronny Talapessy tidak akan memengaruhi majelis hakim.

Sebab, menurut Ronny, sejak awal hakim sudah mengatakan Eliezer yang membuka kotak pandora dalam kasus pembunuhan Yosua.

Ronny juga menekankan fokus kepada pembelaan Eliezer dan tidak ingin menyerang siapa pun karena posisi kliennya kooperatif.


 

“Jadi dalam menyusun pembelaan sesuai fakta saja,” ucapnya.

Mengenai komentaryang menanyakan kenapa Richard menembak di dada dan bukan tembak di kaki, Ronny justru membalikkan posisi itu.

“Coba saja dia ada di posisi itu (Eliezer),” tuturnya.

Sebelumnya, Arman hanis menyebut bahwa Ferdy Sambo merupakan orang yang pertama kali membuka kasus tersebut.

“Tanggal delapan, Pak Ferdy Sambo akhirnya mengakui seluruh atau menjelaskan secara jujur ya apa yang terjadi dan skenario yang disampaikan.”

“Dia juga menjelaskan secara jujur pada saat pemeriksaan timsus, dan pada tanggal 8 itu  pula, Pak Ferdy Sambo di-BAP sebagai saksi, dan ditetapkan sebagai tersangka,” tuturnya.

Baca Juga: Saat Kapolri Listyo Sigit Minta Maaf atas 3 Kasus Besar: Kanjuruhan, Ferdy Sambo, dan Teddy Minahasa

Arman menegaskan, sebenarnya bukan Richard Eliezer orang yang pertama kali membuka kasus tersebut.

“Sebenarnya dalam hal ini adalah bukan Richard Eliezer, itu buktinya kami sampaikan, yang mengungkap adalah Pak Ferdy Sambo sendiri dengan mengakui semua apa yang telah terjadi,” tegasnya.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x