Kompas TV olahraga sepak bola

Riwayat Penyakit Pele sebelum Meninggal Dunia, Infeksi Saluran Kemih hingga Kanker Usus Besar

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 03:31 WIB
riwayat-penyakit-pele-sebelum-meninggal-dunia-infeksi-saluran-kemih-hingga-kanker-usus-besar
Legenda sepak bola Brasil, Pele (kanan) berfoto bersama putrinya, Kely Nacimento, saat menjalani perawatan di rumah sakit. (Sumber: TWITTER.COM/MIRRORFOOTBALL)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Eddward S Kennedy

SAO PAULO, KOMPAS.TV - Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele, meninggal dunia di usia 82 tahun, pada Kamis (29/12/2022). 

Sebelum tutup usia, pesepak bola kelahiran Tres Coracoes, Brasil, pada 23 Oktober 1940 itu telah mengidap serangkaian penyakit dalam beberapa tahun terakhir. 

Pada 2014, menurut laporan media Brasil Folha De Sao Paulo, Pele harus harus menjalani hemodialisis untuk menyaring darahnya setelah menderita infeksi pada saluran kemih. 

Saat itu diketahui Pele ternyata hanya mempunyai satu ginjal. Dia melepaskan organ tersebut ketika dia masih bermain sepak bola (dia pensiun pada tahun 1977) karena "jumlah pukulan yang dia lakukan pada ginjal".

Menurut Alberto Antunes, profesor divisi urologi di Fakultas Kedokteran Universitas São Paulo, seseorang dapat menjalani kehidupan yang relatif normal hanya dengan satu ginjal. Namun, dalam jangka panjang, komplikasi bisa muncul.

Dua tahun sebelum menderita penyakit infeksi kandung kemih, pada 2012, Pele melakukan operasi pinggang yang berjalan sukses. 

Baca Juga: Legenda Sepak Bola Brasil Pele Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Lalu pada 2017, Pele muncul di publik dengan kursi roda saat menghadiri pengundian Piala Dunia 2018. Ia sempat berfoto dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan legenda sepak bola Argentina Diego Maradona. 

Kemudian pada 2019, Pele kembali masuk rumah sakit karena penyakit infeksi saluran kemihnya dan harus menjalani operasi pengangkatan batu ginjal. 

Pada Februari 2020, putra Pele, Edinho, mengonfirmasi bahwa ayahnya sudah tidak bisa berjalan sendiri dan enggan meninggalkan rumah. 

Hal tersebut dikarenakan kurangnya rehabilitasi setelah menjalani operasi pinggul beberapa tahun sebelumnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x