Kompas TV nasional peristiwa

Yudo Margono Resmi Serahkan Komando KSAL ke Muhammad Ali, Prajurit TNI Lakukan Atraksi

Kompas.tv - 29 Desember 2022, 09:44 WIB
yudo-margono-resmi-serahkan-komando-ksal-ke-muhammad-ali-prajurit-tni-lakukan-atraksi
Sertijab KSAL, dari Laksamana Yudo Margono ke Laksamana M Ali (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dari Laksamana Yudo Margono ke Laksamana Muhammad Ali resmi digelar hari ini, Kamis (29/12/2022) di Markas Besar TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur. 

Panglima TNI Laksamana Yudo memakai pakaian lengkap kebesaran berwarna putih dan menyerahkan bendera KSAL kepada Laksamana M Ali. 

"Laporan resmi serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) saya terima," kata Laksamana Yudo saat menerima laporan sertijab dari Laksamana Muhammad Ali usai penandatanganan berita acara sertijab KSAL.

Pengangkatan Laksamana Muhammad Ali sebagai KSAL ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 100/TNI Tahun 2022 tanggal 28 Desember 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut.


Pengangkatan Laksamana M Ali sekaligus menaikkan pangkatnya dari Laksamana Madya TNI menjadi Laksamana TNI.

Dalam prosesi sertijab, para prajurit TNI tampak melakukan sejumlah atraksi, berjejer rapi dan yel-yel penyemangat. Tampak 6 tank dan sejumlah mobil TNI AU berada di lokasi sertijab. 

Atraksi prajurit TNI saat sertijab KSAL Muhammad Ali (Sumber: Kompas TV)

Sebelumnya, Laksamana M Ali baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai KSAL pada Rabu (28/12/2022) kemarin. 

Saat pelantikan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pesan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut atau KSAL Laksamana Muhammad Ali yang resmi dilantik.

Kepala negara mengingatkan mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) itu untuk bisa menjaga perbatasan laut Indonesia.

"Jadi konsentrasi untuk kedaulatan negara utamanya di laut itu yang menjadi tanggung jawab besar dari KSAL yang baru Pak Muhammad Ali, utamanya juga yang berkaitan dengan pulau-pulau perbatasan harus menjadi titik perhatian," kata Jokowi, dikutip dari tayangan Breaking News KOMPAS TV.

"Ya tadi kan saya sampaikan perbatasan yang berkaitan dengan perbatasan. Utamanya laut bukan perbatasan daratan, perbatasan yang berkaitan dengan laut," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x