Kompas TV nasional hukum

Kilas Balik Pembunuhan Brigadir J, Kapolri Beberkan Proses Pengungkapan Kasus

Kompas.tv - 29 Desember 2022, 05:15 WIB
kilas-balik-pembunuhan-brigadir-j-kapolri-beberkan-proses-pengungkapan-kasus
Satu Meja The Forum Kompas TV menayangkan kilas balik drama kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Satu Meja The Forum Kompas TV menayangkan kilas balik drama kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Salah satu kilas balik yang ditayangkan pada Rabu (28/12/2022) adalah penjelasan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam wawancara dengan Budiman tanuredjo, pembawa acara Satu Meja The Forum, Kapolri membeberkan proses pengungkapan kasus kematian Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Kapolri menjelaskan, peristiwa penembakan Brigadir J yang diduga melibatkan Irjen Pol Ferdy Sambo tersebut menjadi pukulan untuk institusinya.

Terlebih peristiwa itu terjadi saat Polri sedang memperbaiki citra institusi, yang memang dari awal ia memulaiNYA dari mendengarkan aspirasi masyarakat tentang harapan mereka pada Polri.

Kasus yang melibatkan petinggi Polri tersebut, kata Listyo, menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusinya.

Baca Juga: Adu Ahli Hukum Sambo dan Eliezer, Soroti Motif Pembunuhan Yosua Hingga “Lie Detector”

“Kita berdasarkan hasil survei awal kita di angka 74 persen,” jelasnya dalam Satu Meja The Forum yang ditayangkan Rabu (7/9/2022).

Bahkan, dengan pelaksanaan berbagai program transformasi menuju Polri yang presisi pada saat itu, serta mendengar aspirasi masyarakat, dan melaksanakan program-program untuk mengawal kebijakan pemerintah, tingkat kepercayaan meingkat menjadi 76 persen.

Upaya meningkatkan kepercayaan itu, kata Kapolri, bukan hal yang mudah, bahkan itu merupakan pekerjaan yang sangat berat, dan itu dilakukan oleh seluruh jajaran Polri, dari atas sampai bawah.

“Makanya begitu ada peristiwa Sambo ini memang dampaknya luar biasa, turun di angka 54 koma sekian,” imbuhnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x