Kompas TV entertainment lifestyle

7 Tips Hadapi Cuaca Ekstrem Agar Tak Mudah Sakit Jelang Liburan Akhir Tahun

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 18:38 WIB
7-tips-hadapi-cuaca-ekstrem-agar-tak-mudah-sakit-jelang-liburan-akhir-tahun
Ilustrasi. Tips menghadapi cuaca esktrem agar tak mudah sakit. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah wilayah Indonesia akan dilanda cuaca ekstrem pada 27 Desember 2022 - 02 Januari 2023 di

Prakiraan cuaca ekstrem BMKG itu meliputi hujan lebat hingga sangat lebat, gelombang laut tinggi dan adanya banjir pesisir (ROB).

"Berdasarkan analisis cuaca terkini, kondisi dinamika atmosfer di sekitar Indonesia masih berpotensi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan," terang Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Dwikorita Karnawati dalam keterangan resmi, Selasa (27/8/2022).  

Dengan peringatan dini cuaca ekstrem BMKG ini, masyarakat diimbau waspada dan mengikuti rekomendasi dari pihak berwenang.

Intensitas hujan yang tinggi menjelang akhir tahun memang bukan hal baru di Indonesia, mengingat biasanya bulan Desember merupakan puncak musim hujan.

Baca Juga: Tips Kesehatan di Akhir Tahun agar Liburan Tetap Jalan

Kendati demikian, cuaca ekstrem tetap harus dihadapi dengan menerapkan gaya hidup sehat agar tidak mudah sakit di musim hujan.

Berikut ini tips menghadapi cuaca ekstrem agar tetap bisa menikmati tahun baru 2023.

Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem

Melansir dinkes.mojokertokab.go.id, Rabu (28/12/2022) berikut tips menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem.

1. Segera mandi setelah kehujanan

Mengapa mandi setelah kehujanan penting? Hal ini karena penyakit dengan mudah akan muncul ketika tubuh mengalami perubahan suhu yang drastis. 

Saat tubuh basah terkena air hujan, sebaiknya segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan.

2. Memakai baju tebal

Suhu dingin pada musim hujan bisa membuat seseorang lebih mudah terkena flu, terlebih jika sering beraktivitas di luar ruangan. 

Oleh karena itu, selalu bawa jaket, sweater atau cardigan tebal dan hangat. Sehingga apabila sewaktu-waktu merasa dingin bisa dipakai dan menjaga tubuh tetap hangat.

Selain itu, jangan lupa membawa payung atau jas hujan dalam tas!

3. Konsumsi makanan bernutrisi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x