Kompas TV nasional politik

PDIP: Jika FX Rudy Hendak Diminta Jadi Menteri, Jokowi Harus Konsultasi dengan Megawati

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 08:51 WIB
pdip-jika-fx-rudy-hendak-diminta-jadi-menteri-jokowi-harus-konsultasi-dengan-megawati
Ketua DPC PDI-P Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Pucang Sawit, Jebres (28/10/2022). (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi harus berkonsultasi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bila ingin menjadikan mantan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo alias FX Rudy ke Kabinet Indonesia Maju. 

Hal tersebut merespons pertemuan kepala negara dengan Ketua DPC PDIP Surakarta itu di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/12/2022).

Baca Juga: FX Rudy Bertemu Jokowi di Istana Kemarin, Apakah Bahas Kursi Menteri?

Said menjelaskan, Jokowi harus konsultasi dengan Megawati lantaran FX Rudy merupakan kader dari partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.

"Jika Pak Rudy hendak diminta oleh Pak Jokowi masuk kabinet, saya kira harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Ibu Ketua Umum (Megawati), sebab Pak Rudy adalah kader PDIP," kata Said seperti dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (27/12/2022).

Said menyebut terlalu dini jika pertemuan tersebut dikaitkan dengan isu reshuffle atau perombakan kabinet.

"Pertemuan Pak Jokowi dan Pak Rudy terlalu dini untuk ditafsirkan berkaitan dengan isu reshuffle kabinet," ujarnya.


 

Ia menyebut, Jokowi dan FX Rudy merupakan sahabat lama yang pernah bersama-sama pernah memimpin Kota Solo.

"Keduanya adalah sahabat karib, pernah bersama-sama memimpin Kota Solo. Pak Jokowi selaku wali kota dan Pak Rudy wakilnya."

"Jadi kalau beliau berdua bertemu adalah sesuatu yang wajar seperti ditegaskan Pak Rudy sendiri bahwa beliau mampir ke istana karena sedang berada di Jakarta," ujarnya. 

Sebelumnya, FX Rudy mengakui bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (26/12/2022).

Namun ia membantah pertemuannya dengan kepala negara membahas kursi menteri di tengah mencuatnya isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju. 

"Oh enggak. Enggak ada itu kita bicara itu (kursi menteri). Enggak ada pembicaraan politik, enggak ada pembicaraan pemerintahan, enggak ada pembicaraan ulang tahun PDI Perjuangan," kata pria yang karib disapa FX Rudy, Selasa (27/12/2022).

Rudy mengatakan pembicaraan dengan Jokowi hanya pembicaraan ringan dan diselingi guyonan.

Baca Juga: Kader PDIP Solo Bentangkan Poster HUT Ganjar, Pengamat: Bentuk Dukungan Politik FX Rudy

FX Rudy juga membantah ada pembicaraan soal Ganjar Pranowo yang santer dikabarkan didukung Jokowi untuk melanjutkan tongkat estafet pada Pilpres 2024.

"Enggak. Ngomong keluarga saja," kata dia.



Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x