Kompas TV regional update

Sehari Setelah Geger Keraton Solo, 12 Kerajaan Hadiri Gelar Pentas Rakyat

Kompas.tv - 25 Desember 2022, 09:55 WIB
sehari-setelah-geger-keraton-solo-12-kerajaan-hadiri-gelar-pentas-rakyat
KPH Eddy Wirabhumi dari Keraton Solo berfoto dengan anggota kerajaan lain dalam acara Pentas Rakyat, Ekonomi Kreatif, dan Kirab Budaya 2022, pada Sabtu (24/12/2022). (Sumber: TribunSolo)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Di tengah ketegangan atau geger Keraton Solo, KPH Eddy Wirabhumi yang merupakan menantu Pakubuwono XII tetap melaksanakan Pentas Rakyat, Ekonomi Kreatif, dan Kirab Budaya 2022 pada Sabtu (24/12/2022).

Suami dari Gusti Moeng yang menjadi ketua pelaksana acara itu menyebut ada 12 kerajaan yang menghadiri acara yang digelar di Pagelaran Sasana Sumewa itu. Dari 12 kerajaan itu, enam raja hadir langsung ke lokasi.

"Hari ini yang hadir 12 kerajaan, tetapi yang rajanya hadir hanya 6 orang saja," jelas Eddy, Sabtu (24/12/2022) dilansir dari TribunSolo.

Ia menyebutkan, kerajaan yang hadir itu di antaranya, Sumedang Larang, Rote, Sekadau, Cirebon, dan Paser.

"Hanya 1.800 orang saja yang ikut acara. Awalnya di lapangan pamedan Mangkunegaran, kemudian dipindah di pagelaran," ujarnya.

Baca Juga: Sejarah Konflik Keraton Solo: Sejak 2004, Pernah Damai saat Jokowi jadi Walikota

Ia menerangkan, acara yang diselenggarakan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-91 Pakasa itu diawali dengan kirab dari Mangkunegaran hingga Keraton Solo.

"Dilanjutkan dengan pentas rakyat, misalnya tari-tarian hingga ada reog," jelas dia.

Selepas acara di jalan, Eddy mengatakan, pentas rakyat dilanjutkan dengan seminar nasional yang menghadirkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Pagelaran tersebut berlangsung kurang dari 24 jam setelah peristiwa ricuh Keraton Solo pada Jumat (23/12/2022) malam.


Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, geger Keraton Solo terjadi pada Jumat melibatkan sekitar 50 orang dan menyebabkan empat orang luka berat, sehingga dilarikan ke rumah sakit.

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Solo KRA Dani Nuradiningrat mengaku menjalankan tugas dengan meminta pihak Gusti Moeng untuk meninggalkan area dalam Keraton Solo secara baik-baik.

"Kami persuasif meminta dengan baik, dengan sopan, tapi mereka melawan. Mereka menjalankan tugas untuk menutup. Setelah ditutup muncul penyerangan dan penganiayaan," terangnya, Sabtu (24/12).

Akibat peristiwa kisruh Keraton Solo itu, enam orang dirawat di Rumah Sakit Kustati. 

"Jumlah pastinya enam, ada warga juga. Yang opname empat," ujarnya.




Sumber : TribunSolo


BERITA LAINNYA



Close Ads x