Kompas TV nasional peristiwa

Pantau Gereja di DIY Saat Malam Natal, Mahfud MD: Pemerintah Serius Bangun Keberagaman Agama Toleran

Kompas.tv - 25 Desember 2022, 06:15 WIB
pantau-gereja-di-diy-saat-malam-natal-mahfud-md-pemerintah-serius-bangun-keberagaman-agama-toleran
Menko Polhukam Mahfud MD bersama jajaran Polda DIY dan Korem 072/Pamungkas Yogyakarta saat berada di GKJ Paparan Sawokembar Gondokusuman Kota Yogyakarta, Sabtu malam (24/12/2022). (Sumber: (dok. Humas Polda DIY))
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Menko Polhukam RI Prof. Dr. Mahfud MD mengatakan pemerintah sangat serius dalam membangun keberagaman agama yang toleran, saling menghormati, dan memberikan ruang untuk beribadah semua agama. 

Didampingi oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan bersama Danrem 072/Pamungkas Yogyakarta Brigjen TNI Puji Cahyono, Kabinda DIY Brigjen Pol Andry Wibowo serta jajaran Polresta Yogyakarta, Mahfud MD memantau situasi malam Natal 2022 di DIY.

"Beribadah dengan sebaik baiknya menurut keyakinan masing-masing karena sejatinya apabila kita taat dalam beribadah tidak akan terjadi kerusakan," kata Mahfud MD, Sabtu (24/12/2022) dalam siaran pers yang diterima KOMPAS.TV.

Lebih lanjut, atas nama pemerintah, Mahfud MD memberikan ucapan selamat bagi jemaat GKJ Paparan Sawokembar yang tengah merayakan Natal 2022. 

Baca Juga: Hari Natal 2022, Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini Hujan dari Pagi hingga Malam

"Bapak ibu sekalian kami atas nama pemerintah Republik Indonesia mengucapkan selamat Natal semoga senantiasa damai dan selamat selalu," ucapnya. 

Dalam kesempatan itu, Mahfud meninjau peribadatan di Gereja Katholik Santo Antonius, Gereja Kristen Jawa Mergangsan, Gereja Katholik Pringgolayan, dan Gereja Sawo Kembar Gondokusuman.

Adapun Pastor Kepala Gereja Santo Antonius Padua Kotabaru Maharsono menuturkan bahwa pesan Natal 2022 adalah menjadikan inspirasi Yesus untuk mendorong semangat berkarya pada masa akhir pandemi Covid-19.

Baca Juga: Paus Ungkap Ketidakadilan Perang pada Malam Natal, Tak Sebut Ukraina Secara Langsung

"Masyarakat Katolik sedang gembira melewati krisis pandemi. Antusiasme berkumpul tinggi," ujar Maharsono, dilansir dari Antara.

Sementara itu, Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan menuturkan bahwa Polda DIY bersama TNI dan stakeholder lainnya telah melaksanakan pengamanan di setiap gereja hingga malam perayaan Natal.


 

"Dari awal tadi, sudah dilakukan sterilisasi oleh Brimob. Dan pengamanan sedang masih berlangsung hingga sampai sekarang berjalan dengan aman," tutur Suwondo.

Kapolda nantinya akan mengevaluasi giat pengamanan pada perayaan Natal, sehingga kegiatan  pengamanan berikutnya saat pergantian tahun dapat berjalan aman dan nyaman

 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x