Kompas TV nasional peristiwa

Puncak Arus Lalu Lintas Libur Natal, Ribuan Kendaraan Keluar Jakarta, Tol Cikampek Terpantau Lancar

Kompas.tv - 24 Desember 2022, 22:45 WIB
puncak-arus-lalu-lintas-libur-natal-ribuan-kendaraan-keluar-jakarta-tol-cikampek-terpantau-lancar
Lalu lintas di Tol Cikampek terpantau lancar di malam Natal, Sabtu (23/12/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Puncak arus lalu lintas libur Natal 2022 diprediksi terjadi pada Sabtu (23/12/2022) malam. Sejak pagi hingga siang hari, ribuan kendaraan tampak keluar dari wilayah Jakarta.

Menurut pantauan Kompas TV, contraflow sempat diberlakukan pada siang hari untuk mengurai kepadatan kendaraan di sekitar Pintu Tol Cikampek KM 47-61, Tol Jakarta-Cikampek. 

Pada siang menuju malam, lalu lintas di Tol Cikampek di kawasan Karawang, Jawa Barat, terpantau lancar.

Baca Juga: Volume Lalu Lintas di Tol Cipali Naik 63 Persen Jelang Natal 2022, Lebih Tinggi dari Tahun Lalu

Jurnalis Kompas TV Masni Rahmawatti melaporkan, situasi Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu malam terlihat ramai lancar. Tidak ada penumpukan kendaraan di KM 56.

Situasi yang sama juga terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, tidak ada penumpukan kendaraan yang keluar dari Tol Jakarta-Cikampek.

Sebagai antisipasi kemacetan menjelang libur Tahun Baru 2023 dan arus balik Natal, PT Jasa Marga (Persero) akan melakukan pemantauan arus lalu lintas melalui CCTV yang tersebar di beberapa titik di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek.

Apabila terlihat penumpukan kendaraan, PT Jasa Marga akan melapor ke pihak kepolisian. Selanjutnya pihak kepolisian akan memutuskan apakah akan memberlakukan contraflow atau tidak.

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama, pihak Jasa Marga juga sudah menambah sejumlah gardu keluar tol.

Baca Juga: Libur Natal, Warga Padati Lokasi Wisata Taman Mini Indonesia Indah!

Sementara itu, Kapolres Karawang AKP Laode Habibi Ade Jama mengatakan, pihaknya akan menerapkan buka tutup rest area di KM 57 Tol Jakarta-Cikampek.

Sistem buka tutup rest area tersebut akan diberlakukan apabila kapasitas kendaraan yang terparkir di rest area sudah melebihi batas.

"Kami juga akan melihat situasi, jika kondisi sudah overload dan memungkinkan, kami akan melakukan buka tutup di rest area," kata Laode di Karawang, Sabtu, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Penumpang Padati Pelabuhan Sorong

Untuk mengurai kemacetan di jalan Tol Jakarta-Cikampek, khususnya di kawasan Karawang, rekayasa contraflow akan diberlakukan mulai KM 65 hingga KM 47.

Pihaknya juga berkomitmen untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya dalam mendukung kegiatan Operasi Lilin Lodaya 2022 yang dilakukan selama libur Nataru, 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023.


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x