Kompas TV nasional rumah pemilu

Elite PKS dan Demokrat Bertemu di Cikeas, Pengamat: SBY akan Turun Gunung untuk Perjuangkan AHY

Kompas.tv - 23 Desember 2022, 14:12 WIB
elite-pks-dan-demokrat-bertemu-di-cikeas-pengamat-sby-akan-turun-gunung-untuk-perjuangkan-ahy
Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY saat berbicara di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/3/2021). (Sumber: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Pertemuan sejumlah elite PKS dengan pejabat teras Partai Demokrat di Cikeas pada Rabu (21/12/2022) dinilai sebagai tanda Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan turun gunung memperjuangkan putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dalam pesta demokrasi nanti.

Hal itu diungkapkan pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno.

"Ini makin menegaskan bahwa untuk 2024 SBY turun gunung. Pada level SBY, tentunya menyelamatkan karir AHY di Pilpres harga mati," kata Adi kepada Kompas TV, Jumat (23/12/2022).

Elite PKS yang hadir dalam pertemuan di Cikeas, Jawa Barat itu adalah Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. 

Sementara dari Partai Demokrat turut dihadiri SBY selaku ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, AHY selaku ketua umum Partai Demokrat dan Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya. 

Baca Juga: Elite PKS Bertemu AHY di Cikeas, Disajikan Nasi Goreng Racikan SBY

Adi menyebut, SBY dan Salim Segaf merupakan dua figur sentral di partai masing-masing yang bisa mengambil keputusan soal pencapresan. 

"Pastinya bicara soal soliditas poros perubahan politik yang digagas Demokrat, NasDem, dan PKS. Karena belakangan ini santer sekali gosip bahwa Demokrat dan PKS sangat mungkin pindah haluan," ujarnya. 

Selain itu, kata Adi, pertemuan itu diperkirakan juga membicarakan ihwal pasangan yang cocok untuk mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024 nanti. 

"Sangat mungkin SBY dan Salim Assegaf menegosiasikan soal kemungkinan siapa yang akan mendampingin Anies. Sebab dua partai ini sama-sama ngotot mengincar cawapres Anies." 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x