Kompas TV nasional politik

Jokowi Kembali Bicara Reshuffle Kabinet: ya, Nanti

Kompas.tv - 23 Desember 2022, 11:36 WIB
jokowi-kembali-bicara-reshuffle-kabinet-ya-nanti
Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Pengarah Panitia Nasional Presidensi G20 Indonesia. Jokowi kembali berbicara ihwal rencana dirinya untuk melakukan reshuffle atau perombakan jajaran Kabinet Indonesia Maju. (Sumber: Dok. Kadin Indonesia)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali berbicara ihwal rencana dirinya untuk melakukan reshuffle atau perombakan jajaran Kabinet Indonesia Maju. 

Namun, kepala negara masih enggan membeberkan waktu yang pasti untuk mengutak-atik para pembantunya tersebut. 

"Mungkin. Ya, nanti," kata Jokowi usai meresmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jumat (23/12/2022). 

Baca Juga: Para Pengamat Komentari Desakan Reshuffle Kabinet untuk Nasdem, dari Blunder hingga Baper

Sebelumnya, survei yang diselenggarakan Charta Politika pada 6-18 Desember 2022 menunjukkan, mayoritas publik setuju apabila Presiden Joko Widodo merombak kabinet atau melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju. 

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya berpandangan, reshuffle kabinet perlu dilakukan Jokowi bila ia ingin memastikan dirinya meninggalkan warisan yang baik setelah lengser kelak. 

"Ada angka 61,8 persen yang menyatakan setuju, dan saya pikir ini yang paling penting ya buat jadi PR (pekerjaan rumah) buat Pak Jokowi kalau ingin meninggalkan legacy," kata Yunarto dalam konferensi pers, Kamis (22/12). 


 

"Bukan hanya dirinya tetap dicintai oleh masyarakat, tetapi kinerja dari menteri-menterinya secara sektoral itu juga bisa menopang kepercayaan dan kepuasan publik terhadap Beliau," kata dia. 

Yunarto menyebut, reshuffle juga perlu dipertimbangkan dengan berkaca pada dinamika politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Menteri dari NasDem Kena Reshuffle

Sebab, di antara menteri-menteri di kabinet, pasti ada yang berencana maju sebagai calon presiden, calon wakil presiden, atau partainya memiliki posisi politik yang berbeda dengan pemerintahan Jokowi. 

Baca Juga: Demokrat Sebut Isu Reshuffle Kabinet sebagai Bentuk Intimidasi ke Salah Satu Parpol

"Saya pikir itu harus menjadi catatan terutama di dua tahun terakhir yang akan menjadi ujian paling penting buat pemerintahan atau presiden yang sudah tidak bisa maju kembali," kata Yunarto.
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x