Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerja sama KompasTV dengan BRI PRS

Tips Memilih Bisnis yang Tepat Bagi Milenial

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 17:10 WIB
tips-memilih-bisnis-yang-tepat-bagi-milenial
Ilustrasi tipe-tipe dan karakteristik generasi (gen z, gen x, milenial, dsb). (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV –  Belakangan ini, makin banyak milenial yang mulai menekuni dunia bisnis di usia muda. Berkat digitalisasi, memulai bisnis jadi lebih mudah dan murah karena bisa dilakukan dengan modal yang lebih sedikit.

Jika dulu memulai bisnis identik dengan memiliki bangunan fisik sebagai toko, kini Anda bisa memulainya dengan menjadi online reseller. Selain itu, untuk memasarkan bisnis Anda dapat memanfaatkan media sosial yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar.

Namun, memulai sebuah bisnis tentunya memerlukan pertimbangan yang matang, terlebih bagi seorang pemula. Alih-alih sukses dan berkembang, bila dikelola sembarangan justru akan mengakibatkan kerugian.

Baca Juga: Memahami Strategi Memperluas Pasar Bisnis Fashion Agar Pede Memimpin Perubahan

Di bawah ini terdapat tips memilih bisnis yang tepat bagi pemula. Simak, yuk!

Pelajari jenis usaha yang diminati

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui jenis usaha apa yang diminati,  bukan sekadar tergiur tren. Jika usaha yang dipilih sesuai minat Anda, tentu akan lebih mudah mengembangkannya.

Terlebih bila Anda telah memiliki keahlian di bidang usaha tersebut. Anda dapat memulainya dengan membuat daftar bidang usaha yang akan diminati dan menyeleksinya.

Pertimbangkan prospek di masa mendatang dan usahakan untuk memilih bisnis dengan sedikit kompetitor. Dengan begitu, Anda bisa menjadi pionir atau trendsetter. Namun, bila bisnis yang Anda pilih sudah memiliki banyak saingan, Anda harus membuat inovasi sebagai pembeda.

Menurut Konsultan, Trainer & Leadership Management Andhika Harya, terdapat dua tipe orang yang memudahkannya untuk memulai bisnis. Pertama, bila passion-nya memang berjualan. Kedua, bila orang tersebut memiliki minat tinggi terhadap proses problem solving.

Tities Saputra adalah seorang public figure yang kini menekuni profesi sebagai seorang fashion designer. Bahkan, Tities sempat melanjutkan sekolah desain Istituto Di Moda Burgo dan LPTB Susan Budihardjo untuk memantapkan passion-nya terhadap fashion.

Saat ingin menapaki dunia fashion, Tities sempat dianggap aji mumpung dan diragukan orang-orang di sekitarnya. Namun, Tities tetap fokus berkarya dan menjaga attitude.

Tities membuktikan keseriusan dan kerja kerasnya melalui tiga lini fesyen, yaitu Tities Sapoetra, Batik Sadhana, dan Tash the Label.

Baca Juga: Yuk, Kenali Ciri-ciri Modus Penipuan Perbankan Terkini!

Sesuaikan dengan modal yang dimiliki

Sebagai pemula, Anda mungkin masih belum sepenuhnya menguasai perhitungan finansial yang tepat. Anda masih dalam tahap baru terjun ke pasar dan mungkin akan menghadapi serangkaian masalah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x