Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Putin Akui Sederet Kegagalan Militer Rusia, namun Tegaskan Uang Bukan Masalah

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 12:46 WIB
putin-akui-sederet-kegagalan-militer-rusia-namun-tegaskan-uang-bukan-masalah
Dalam pengakuan yang tidak biasa atas kekurangan Rusia, Putin merinci daftar bidang yang harus diperbaiki militernya dalam pidatonya di Kementerian Pertahanan (Sumber: New York Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin akhirnya menjawab kritik yang selama ini menyerang negaranya terkait kegagalan militer. 

Putin pada Rabu (21/12/2022) menyampaikan bahwa semua kritik yang diterma adalah valid.

Rusia mendapat kritik bahwa upaya perangnya di Ukraina kekurangan parah sumber daya dasar yang diperlukan untuk menang.

Dalam pengakuan yang tidak biasa atas kelemahan Rusia, Putin merinci daftar bidang yang harus diperbaiki militer dalam pidatonya di Kementerian Pertahanan di Moskow, seperti dilansir New York Times, Kamis, (22/12/2022).

Dia menyatakan drone harus dapat mengkomunikasikan informasi penargetan melalui saluran terenkripsi “secara real time”. Dia mengatakan militer perlu “meningkatkan sistem komando dan kontrol” dan kemampuannya untuk menyerang balik artileri musuh.

Dan dia mengangguk pada laporan tentang tentara yang dikirim ke garis depan tanpa peralatan dasar, seraya memerintahkan untuk memperhatikan "perlengkapan medis, makanan, ransum kering, seragam, alas kaki, helm pelindung, dan rompi antipeluru".

Namun jauh dari pengakuan kekalahan, rujukan Putin pada kesengsaraan tentaranya mencerminkan pesannya yang menantang pada hari ketika presiden Ukraina menunjukkan keintiman dengan Amerika Serikat, bahwa Rusia akan terus berjuang.

“Kami tidak punya batasan dalam hal pembiayaan,” kata Putin, menegaskan Rusia pada akhirnya akan menang di Ukraina. “Negara dan pemerintah menyediakan semua yang diminta tentara, semua yang diminta.”

Baca Juga: Rusia Perbesar Angkatan Bersenjata hingga Cakup 1,5 Juta Personel, Putin Berikrar Menang di Ukraina

Rusia pada hari Rabu, (21/12/2022) mengumumkan rencana ambisius untuk memperkuat militernya dari 1 juta menjadi 1,5 juta tentara dan membuat beberapa unit baru untuk meningkatkan kekuatan. (Sumber: AP Photo)

Bahkan ketika perlawanan Ukraina mendapat sorotan global dengan perjalanan Presiden Volodymyr Zelensky ke Washington, Putin menggelar pertemuannya sendiri yang mencolok.

Dia berbicara kepada anggota Parlemen dan bahkan Patriark Kirill I dari Gereja Ortodoks Rusia dalam pidato pada pertemuan tahunan petinggi militer.

Membandingkan tentara Rusia yang bertempur di Ukraina dengan "para pahlawan" yang menangkal pasukan penyerbu Napoleon pada tahun 1812 dan mengalahkan Hitler pada tahun 1945, Putin menyiratkan bahwa perangnya adalah perjuangan eksistensial Rusia, apakah Rusia akan musnah atau bertahan, walaupun Moskow yang sekarang melakukan penyerangan.

Dia juga berusaha memproyeksikan citra yang tetap memegang kendali upaya perang dan memperhatikan kebutuhan prajurit biasa, pada satu titik mendesak petinggi militer yang berkumpul untuk mempertimbangkan "kritik".

Sama pentingnya bagi Kremlin, Putin berusaha memproyeksikan sikap dan tekad kepada Barat, tidak peduli berapa banyak dukungan senjata yang didapat Ukraina, dan terlepas dari masalah militer Rusia, Kremlin tetap bertekad untuk menang pada akhirnya.

Pada saat yang sama, para pejabat Rusia mengingatkan Barat mereka siap membuat kesepakatan untuk mengakhiri perang, dengan syarat mereka.

“Rusia selalu terbuka untuk mengadakan pembicaraan damai yang konstruktif,” kata Sergei Shoigu, menteri pertahanan Rusia, setelah pidato Putin.

Baca Juga: Putin dan Zelenskyy Kompak Kunjungi Pasukan dan Bagikan Medali, Sinyalkan Perang Masih akan Lama?

Dalam pengakuan yang tidak biasa atas kekurangan Rusia, Putin merinci daftar bidang yang harus diperbaiki militernya dalam pidatonya di Kementerian Pertahanan (Sumber: AP Photo)


Sumber : Kompas TV/New York Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x