Kompas TV nasional kompas malam

Tim Kuasa Hukum Bakal Hadirkan Ahli Psikologi yang Gali Kepribadian Richard Eliezer Sejak Kecil

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 07:11 WIB
tim-kuasa-hukum-bakal-hadirkan-ahli-psikologi-yang-gali-kepribadian-richard-eliezer-sejak-kecil
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, Richard Eliezer melambaikan tangan kepada awak media pada saat menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022). (Sumber: KOMPAS/IVAN DWI KURNIA PUTRA)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengacara Richard Eliezer, Ronny Talapessy menyatakan bakal menghadirkan ahli psikologi yang akan menggali kepribadian Richard Eliezer sejak kecil di persidangan.

Dalam persidangan sebelumnya, ahli psikologi forensik mengungkap hasil asesmen psikologi dan karakter dari terdakwa Richard Eliezer. 

Dalam sidang lanjutan pembunuhan berencana Brigadri J, Rabu (21/12/2022) itu Richard atau Bharada E disebut memiliki kecerdasan rata-rata dan memiliki tingkat kepatuhan tinggi terhadap figur otoritas.

"Kalau ahli kan memberikan gambaran secara umum karena peristiwa di tanggal 8 Juli. Kalau yang akan kami hadirkan lebih detail lagi menggambarkan Richard seperti apa," ujar Ronny.

Pengacara Richard Eliezer Ronny Talapessy menyatakan penilaian ahli di muka persidangan tidak jauh berbeda dengan psikolog yang mendampingi Richard dalam menghadapi perkara. 

Menurut Ronny penilaian tersebut secara umum sangat menggambarkan kepribadian kliennya yang patuh. 

Baca Juga: Hasil Pemeriksaan Psikologi Kuat Ma ruf Bikin Ahli Minta Maaf! Berikut Hasil dari Eliezer dan Ricky.

Bahkan pihaknya memiliki asesmen Richard mulai dari kecil yang digali melalui orang tua dan lingkungan tempat Richard tumbuh.

"Asesmen dari kami ini menggambarkan Richard Eliezer dari kecil jadi tidak hanya pada kejadian tanggal 8 Juli. Kami akan jelaskan aspek psikologi dari Richard dari kecil," ujar Ronny di program Kompas Malam KOMPAS TV, Rabu (21/12/2022).

Ronny menambahkan pendapat ahli sama seperti keterangan Richard terkait dirinya yang tidak punya kuasa untuk menolak perintah Ferdy Sambo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x