Kompas TV nasional peristiwa

Prof Dr Subroto Meninggal Dunia, Tokoh Energi RI sekaligus Menteri Era Soeharto

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 22:38 WIB
prof-dr-subroto-meninggal-dunia-tokoh-energi-ri-sekaligus-menteri-era-soeharto
Subroto ketika masih menjadi Menteri Pertambangan dan Energi RI pada 1978. (Sumber: Kementerian Pertambangan dan Energi RI via Wikimedia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tokoh energi Republik Indonesia, Prof Dr Subroto dikabarkan meninggal dunia pada usia 99 tahun, Selasa (20/12/2022). Menurut informasi yang diterima Kompas TV, Subroto meninggal di Jakarta pada Selasa (20/12) pukul 16.25 WIB.

"Informasi waktu dan tempat persemayaman serta pemakaman akan kami beritahukan lebih lanjut," demikian rilis Masyarakat Pertambangan dan Energi (BIMASENA) yang diterima Kompas TV.

Baca Juga: Otis Pamutih Meninggal Dunia di Hari Ulang Tahun, Keluarga Sudah Berniat Beri Kejutan

Subroto merupakan pendiri dan ketua Bimasena. Pada masa tuanya, Subroto juga pernah menjabat sebagai ketua Dewan Penasehat Yayasan Bina Anak Indonesia (YBAI).

Lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 19 September 1928, Subroto menuntaskan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Universitas McGill Kanada, dan meraih gelar doktor di Universitas Indonesia pada 1958.

Subroto pernah menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi di masa Kabinet Pembangunan III dan IV Presiden Soeharto antara 1978-1988.

Subroto juga pernah menjadi sekretaris jenderal Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC).

Selain dikenal sebagai menteri dan tokoh energi, Subroto pun berstatus sebagai Guru Besar Universitas Indonesia.

Baca Juga: Remy Sylado Meninggal Dunia, Dimakamkan Besok Selasa di TPU Menteng Pulo

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x