Kompas TV entertainment lifestyle

4 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Agar Tercapai, Salah Satunya Jangan Terlalu Muluk-Muluk

Kompas.tv - 19 Desember 2022, 16:40 WIB
4-tips-membuat-resolusi-tahun-baru-agar-tercapai-salah-satunya-jangan-terlalu-muluk-muluk
Tips membuat resolusi tahun baru. (Sumber: Pexels/Polina Kovaleva)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahun Baru 2023 tinggal menghitung hari. Tahun baru identik dengan membuat resolusi, catatan berisi harapan atau tujuan yang akan dilakukan sepanjang tahun berikutnya.


 

Resolusi lebih mudah dibuat daripada dipertahankan. Melansir Very Well Mind, kebanyakan resolusi bertahan hingga akhir Maret. Penelitian lain menunjukkan bahwa hanya sekitar 12 persen yang berhasil mencapai tujuan dari resolusi tahun baru yang dibuat.

Baca Juga: Tak Hanya Bikin Sehat, Bersepeda Juga Bisa Mengecilkan Perut, Begini Caranya

Lantas, bagaimana cara membuat resolusi tahun baru agar bisa bertahan dan mencapai tujuan yang diinginkan?

Buat tujuan yang spesifik

Umumnya, resolusi berisi hal-hal yang kurang jelas, seperti menurunkan berat badan, menjadi lebih produktif atau memperbaiki pola tidur. Cobalah untuk membuat tujuan yang lebih detail.

Anda dapat menuliskan sesuatu yang lebih konkret dan realistis agar mudah dicapai. Misalnya, “berkomitmen untuk turun 10 kg” alih-alih hanya menuliskan “menurunkan berat badan”, atau “membaca 10 buku” alih-alih “menjadi lebih produktif”.

Baca Juga: 5 Wisata Gunung Kidul yang Hits, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun 2022

Menentukan waktu dalam perencanaan

Mencapai tujuan tanpa rencana dan tenggat waktu yang jelas bisa membuat Anda mudah melupakan resolusi tahun baru yang Anda buat. 

Cobalah untuk menuliskan rencana lanjutan dari resolusi yang Anda buat, mulai dari tujuan yang akan dicapai, daftar hal-hal yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, serta hambatan yang mungkin terjadi.

Dengan demikian, Anda lebih siap untuk tetap bertahan dengan resolusi Anda dan mengatasi masalah yang datang.

Jangan muluk-muluk

Profesor psikologi di Universitas Hertfordshire, Richard Wiseman, menyarankan agar Anda membatasi resolusi supaya fokus mencapai tujuan. Mencapai satu tujuan kecil saja dapat meningkatkan kepercayaan Anda.

Sebaliknya, mengambil terlalu banyak resolusi membuat Anda sulit membangun pola perilaku baru dan itu membutuhkan waktu dan usaha yang cukup banyak.

Baca Juga: Jelang Libur Akhir Tahun, Kebun Raya Purwodadi Menangkan East Java Tourism Award 2022

Mulailah dengan langkah kecil

Mengambil langkah-langkah kecil lebih disarankan agar Anda tidak ‘kaget’ dengan perubahan yang terjadi. Langkah kecil inilah yang nantinya akan membantu mencapai tujuan yang lebih besar.

Jika Anda memutuskan untuk lari maraton, mulailah dengan jogging 2-3 kali seminggu. Perlahan, tingkatkan aktivitas tersebut dalam durasi yang ditentukan. Atau, jika Anda ingin membaca buku lebih banyak, mulailah dengan membaca topik yang Anda sukai.



Sumber : Very Well Mind


BERITA LAINNYA



Close Ads x