Kompas TV nasional politik

Yudo Margono Berjanji Bekerja Maksimal, Meski Jadi Panglima TNI Kurang dari Setahun

Kompas.tv - 19 Desember 2022, 15:12 WIB
yudo-margono-berjanji-bekerja-maksimal-meski-jadi-panglima-tni-kurang-dari-setahun
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono disumpah saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Laksamana Yudo Margono resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Panglim TNI pada Senin (19/12/2022). 

Jenderal bintang empat itu akan menduduki pucuk pimpinan TNI hanya kurang dari setahun. 

Adapun, nanti Yudo akan memasuki masa purna tugas pada November 2023 mendatang. 

Baca Juga: Pesan Jokowi ke Panglima TNI Yudo Margono: Jaga Kedaulatan hingga Netralitas TNI

Meski begitu, Yudo mengaku akan bekerja secara maksimal dalam memimpin TNI, meski dirinya hanya menjabat sebagai Panglima TNI kurang  dari 12 bulan. 


 

"Dari dulu tidak pernah berpikir masa jabatan berapa lama, berapa panjang kami melaksanakan tugas yang dibebankan kepada kami. Kami melaksanakan tugas secara optimal saja," kata Yudo seperti dikutip dari Antara, Senin (19/12/2022). 

Ia menyatakan diperintahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjaga kedaulatan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Selain itu, kata dia, kepala negara meminta dirinya untuk menjaga kepercayaan yang tinggi dari masyarakat terhadap TNI.

Terkait tahun politik menjelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Jokowi juga menginstruksikan Yudo untuk menjaga netralitas TNI.

"Itu harus menjadi perhatian saya. Kami, dari dulu, TNI netral akan kami pertahankan terus apalagi di tahun politik, tentunya menjaga kondusivitas politik dan situasi yang ada," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi memberikan pesan kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang baru saja dilantik pada Senin (19/12/2022). 

Kepala negara meminta jenderal bintang empat itu untuk bisa menjaga kedaulatan Indonesia dari ancaman asing. 
 
"Tadi baru saja telah kita lantik Laksamana TNI Yudo Margono, di samping saya, sebagai Panglima TNI. Dan saya sudah pesankan kepadanya untuk, pertama, menjaga kedaulatan NKRI, kedua menjaga persatuan dan kesatuan kita," kata Jokowi , Senin (19/12/2022).

Menurut dia, Yudo harus mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap TNI yang saat ini berada di posisi paling tinggi.  

Baca Juga: Jokowi Resmi Lantik Yudo Margono Jadi Panglima TNI Gantikan Andika Perkasa

"Kemudian juga, menjaga mempertahankan, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI yang sekarang sudah paling tinggi. Kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI yang terus harus ditingkatkan," ujarnya. 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x