Kompas TV nasional rumah pemilu

Hasto soal Kapan Capres PDIP akan Diumumkan Megawati: Tunggu Momentum

Kompas.tv - 16 Desember 2022, 16:15 WIB
hasto-soal-kapan-capres-pdip-akan-diumumkan-megawati-tunggu-momentum
Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto dalam konferensi pers pengumuman paslon Pilkada 2020, Rabu (2/9/2020). (Sumber: Dokumen DPP PDI-P/Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pengumuman capres yang akan diusung partai berlambang kepala banteng moncong putih itu pada Pilpres 2024, masih menunggu momentum yang baik. 

Ia menjelaskan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memberikan pernyataan ke publik ihwal capres partainya ketika momentumnya sudah tepat. 

Baca Juga: PDIP Batal Gelar Rakernas di Akhir Tahun 2022, Ada Apa?

Hal itu dikatakan Hasto saat menjawab pertanyaan wartawan soal kemungkinan waktu deklarasi capres PDIP, di Yogyakarta pada Jumat (16/12/2022).

"Nanti menunggu momentum yang baik,” kata Hasto dalam keterangan tertulis.

Menurut dia, momentum yang baik untuk deklarasi itu sendiri harus memperhatikan berbagai aspek. Termasuk aspek politik, kondisi sosial ekonomi masyarakat, kondusivitas sosial, hingga kerja sama antarparpol.

“Bahkan harus dilihat bagaimana dinamika politik internasional. Tentu juga dilihat kesiapan partai, kesiapan pendukungnya, semua dilihat."

“Yang jelas saat ini kita lagi fokus ke penanganan masalah ekonomi, masalah pandemi. Kan masih ada waktu mengambil keputusan pada momentum terbaik,” ujarnya.

Ia menyebut, Megawati diberikan mandat oleh seluruh kader PDIP untuk memutuskan sosok yang akan diusung menjadi capres di pesta demokrasi nanti.

"“Ibu Mega lah yang nanti akan memutuskan siapa yang akan dicalonkan PDI Perjuangan,” ujarnya. 

Hasto menyatakan, PDIP takkan memilih capres-cawapres hanya berdasarkan aspek elektoral semata. Namun juga didasarkan pada karakter calon pemimpin, dan bagaimana kinerjanya.

Selain itu, akan diperhitungkan pula aspek kedekatan antara calon pemimpin dan rakyat yang akan diayominya.

Baca Juga: Syarat Nasdem ke Gerindra Tak Capreskan Prabowo demi Koalisi Perubahan Dinilai Berat, Ini Alasannya

“Kalau dari PDIP jelas keputusan tidak hanya berdasarkan aspek elektoral, tapi juga didasarkan karakter pemimpin, kinerja pemimpin, dan bagaimana pemimpin itu menyatukan dengan kekuatan rakyat lalu mampu memberikan jawaban atas berbagai masalah rakyat, dan memiliki desain bagi masa depan. Itu tugas pemimpin,” kata Hasto.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x