Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Poltracking: Elektabilitas Anies dan Ganjar Ketat, Prabowo Kehilangan Suara

Kompas.tv - 15 Desember 2022, 20:10 WIB
survei-poltracking-elektabilitas-anies-dan-ganjar-ketat-prabowo-kehilangan-suara
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, dua bakal capres dengan elektabilitas tertinggi di Pulau Jawa, menurut survei Poltracking Indonesia. (Sumber: Kompas/Has/Ron)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo bersaing ketat dalam survei elektabilitas bakal calon presiden (capres) 2024 yang diadakan Poltracking Indonesia di lima provinsi di Pulau Jawa. Sementara Prabowo Subianto justru kehilangan kantong-kantong suara. 

Dalam survei yang melibatkan 1.000 responden di tiap-tiap provinsi di Pulau Jawa itu, Anies dan Ganjar mendominasi di wilayahnya masing-masing.

Di DKI Jakarta, elektabilitas Anies sebesar 49,6 persen, Ganjar 27,5 persen dan Prabowo 15,7 persen.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga mendominasi di Banten dengan elektabilitas 47,6, berbanding 28,5 persen untuk Prabowo dan 16,1 persen untuk Ganjar. 

Bahkan di Jawa Barat yang menjadi basis Prabowo pada Pemilu 2019, elektabilitas Anies juga mampu unggul dengan 36,3 persen. Sementara elektabilitas Prabowo 30,8 persen dan Ganjar hanya 18,7 persen. 

Akan tetapi, di wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Timur, giliran Ganjar yang mendominasi. 

Ganjar yang saat ini menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah punya elektabilitas 71,4 persen di wilayah yang dia pimpin, jauh meninggalkan Prabowo (10,8 persen) dan Anies (9 persen). 

Lalu di Jawa Timur, Ganjar juga menjadi capres dengan elektabilitas tertinggi dengan 36,1 persen, disusul Prabowo 25,5 persen dan Anies 19,6 persen. 

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, tingginya suara Ganjar di Jawa Tengah dan Jawa Timur tidak terlepas dari koneksinya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Anies Unggul di Tiga Provinsi di Pulau Jawa

Yuda mengatakan, pemilih Jokowi pada Pemilu 2019 sekarang memberikan dukungannya kepada Ganjar.

"Yang menarik adalah tiga wilayah menengah ke barat adalah basis Anies Baswedan dan wilayah tengah ke timur jadi basisnya Ganjar Pranowo," kata Yuda dalam program Kompas Petang KOMPAS TV, Kamis (15/12/2022). 

"Dulu ketika Pemilu 2019, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menjadi basis Jokowi, sekarang menjadi basis Ganjar Pranowo."

"Ganjar seperti Jokowi sangat kuat di Jawa Tengah sementara di Jawa Timur, meski tidak terlalu unggul dengan kokoh," ujarnya. 

Sementara di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, Anies berhasil mengambil ceruk suara milik Prabowo saat Pemilu 2019.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x