Kompas TV nasional rumah pemilu

Jelang Pengumuman Verifikasi Faktual Partai Prima Demo di Depan KPU RI, Protes Tak Transparan

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 14:28 WIB
jelang-pengumuman-verifikasi-faktual-partai-prima-demo-di-depan-kpu-ri-protes-tak-transparan
Salah satu kader Partai Prima di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sejumlah kader Partai Prima turun ke jalan menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Komisi Pemilihan (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2022). 

Berdasarkan laporan Breaking News Kompas TV, puluhan kader Partai Prima memenuhi jalanan di depan Kantor KPU. Mereka ingin mendesak salah satu perwakilannya agar bisa ditemui jajaran pimpinan KPU RI. 

Baca Juga: Hari Ini, KPU Gelar Rapat Pleno Pengundian Nomor Urut Partai Politik

Mereka membawa spanduk dan poster yang berisi soal tuntutan mereka, di antaranya adalah agar komisi membuka data ke publik dan soal pembatasan partisipasi politik.

Salah satu kader Partai Prima terlihat sudah masuk ke dalam Kantor KPU RI, namun dia terlihat berdebat dengan pegawai KPU. Dia ingin jajaran komisioner menemui massa yang sedang unjuk rasa. 

"Yang nemuin itu bukan komisioner, LOnya. Saya tidak mau," kata salah satu kader Partai Prima. 


Sementara itu, Juru Bicara DPP Prima Farhan Abdillah Dalimunthe mengatakan, proses verifikasi administrasi dari KPU sejak awal sudah tidak transparan dan sudah tidak profesional. 

"Mengingat kami gugatannya di Bawaslu itu dikabulkan oleh Bawaslu artinya ada permasalahan di KPU sendiri tapi setelah gugatan kami dimenangkan oleh Bawaslu tetap saja KPU menyatakan Prima tidak memenuhi syarat untuk mengikuti proses selanjutnya," ujarnya. 

Sebagai informasi, terdapat sembilan partai politik parlemen yang telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Kesembilan parpol parlemen ini sudah tidak lagi mengikuti tahapan verifikasi faktual, dan akan segera ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024. 

Sementara, saat ini sebanyak 9 parpol yang tengah melakukan verifikasi faktual sebagai calon peserta Pemilu 2024. Hasil verifikasi faktual ini akan diumumkan KPU pada 14 Desember 2022. 

Baca Juga: KPU Kota Malang Sampaikan Ada Pergeseran Kursi di Pemilihan Anggota DPRD 2024

Adapun, sembilan parpol yang telah dilakukan verifikasi faktual adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Ummat, Partai Garuda, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh, dan Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x