Kompas TV nasional peristiwa

Di Brussels, Jokowi Bertemu Raja Belgia sebelum Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 13:28 WIB
di-brussels-jokowi-bertemu-raja-belgia-sebelum-hadiri-ktt-asean-uni-eropa
Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi beserta rombongan telah tiba di Brussels, Belgia. (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa (EU), dan beberapa pertemuan lainnya dengan para pemimpin negara, di hari keduanya di Brussels, Belgia, Rabu (14/12/2022).

Melansir dari keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, pada Rabu pagi waktu setempat, Jokowi mengawali kegiatan kunjungannya kerjanya dengan melakukan pertemuan bersama Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala.

Setelahnya, Presiden RI ini menuju Istana Laeken untuk melakukan pertemuan dengan Raja Belgia.

Kemudian pada siang harinya, Jokowi akan menuju Gedung Europa untuk menghadiri sejumlah rangkaian KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa.


 

Kegiatan yang diikuti oleh Jokowi di acara tersebut, mulai dari penyambutan resmi, sesi pembukaan, sesi foto bersama, dan juga sesi pertemuan.

Di tempat yang sama, Kepala Negara diagendakan akan melaksanakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara Uni Eropa.

Baca Juga: Disambut Suhu Minus 1 Derajat Celcius, Jokowi Tiba di Brussel, Hadiri KTT 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa

Pada Rabu malam, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi akan menghadiri jamuan makan malam di Musée Royal de Beaux-Arts.

Selanjutnya, Jokowi dan Iriana beserta rombongan kemudian akan menuju Bandara Abelag untuk bertolak kembali ke Tanah Air.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerjanya di Brussels yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi tiba di di Bandar Udara (Bandara) Abelag, Brussels, Belgia, Selasa (13/12) sekitar pukul 18.00 waktu setempat.

Tampak menyambut di bawah tangga pesawat yaitu pejabat Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Belgia Anne Vandormael, Pejabat Dewan Eropa Simona Nikiforova.

Kemudian  Duta Besar LBBP RI di Brussels Andri Hadi beserta istri, dan Atase Pertahanan KBRI Den Haag merangkap Belgia dan Luksemburg Muhamad Wirda Prayogo beserta istri.

Baca Juga: Bertolak ke Belgia Hadiri KTT Asean-Uni Eropa, Jokowi: Hubungan Asean dan Uni Eropa Perlu Diperkuat

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x