Kompas TV nasional rumah pemilu

Ridwan Kamil Disebut Selangkah Lagi Gabung Golkar, Diibaratkan Sudah Berdiri di Pintu Rumah

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 10:05 WIB
ridwan-kamil-disebut-selangkah-lagi-gabung-golkar-diibaratkan-sudah-berdiri-di-pintu-rumah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjajal Citayam Fashion Week di Dukuh Atas, Jakarta Pusat. (Sumber: Dok. Humas Pemda Jabar)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil, disebut tinggal menunggu waktu saja untuk resmi bergabung dengan Partai Golkar jelang pemilu 2024. 

Politisi Golkar, Sarmuji, bahkan mengibaratkan soal masuknya Ridwan Kamil ke partai berlambang beringin tersebut seperti seorang yang sudah masuk ke pekarangan rumah. 

Ridwan Kamil bahkan disebut tinggal buka pintu saja dan ia bakal resmi jadi bagian dari Partai Golkar. 

Ditambah, saat ini Kang Emil, panggilan Ridwan Kamil, sudah bergabung dalam organisasi kemasyarakatan yang berada di bawah naungan Partai Golkar, yakni sudah bergabung di ormas Kosgoro.

"Ibarat mau masuk rumah, Ridwan Kamil sudah sampai di pekarangan rumah, tinggal buka pintu saja," kata politisi Partai Golkar yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Sarmuji, usai penyerahan bantuan Laboratorium di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: Ridwan Kamil Umumkan Parpol Pilihannya Bulan Ini

Ridwan Kamil sendiri merupakan sosok yang elektabilitasnya mengalami tren positif seperti yang terekam dalam survei Litbang Kompas Oktober 2022. 


 

Tingkat elektoral Emil meningkat 5,1 persen dibandingkan survei yang sama pada Juni 2022.

Saat ini, elektabilitas Emil adalah 8,5 persen. Sedangkan, pada survei Juni 2022, ia meraih tingkat elektoral sebesar 3,5 persen.

Baca Juga: Hasil Survei Litbang Kompas Soal Tokoh Potensial Cawapres 2024, Ridwan Kamil di Posisi Teratas

Elektabilitas Ridwan Kamil dalam survei Litbang Kompas di urutan keempat, setelah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Untuk cawapres, Kang Emil juga menjadi sosok cawapres dengan elektabilitas tertinggi, mengalahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Elektabilitasnya di posisi cawapres berada di angka 11,5 persen, sedangkan Sandi memperoleh 10,5 persen.



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x