Kompas TV entertainment lifestyle

67,5 Persen Perempuan Indonesia Lebih Suka Pria Wangi Ketimbang yang Tampan

Kompas.tv - 12 Desember 2022, 18:32 WIB
67-5-persen-perempuan-indonesia-lebih-suka-pria-wangi-ketimbang-yang-tampan
Ilustrasi seorang pria. Survei menunjukkan bahwa perempuan lebih suka pria yang wangi ketimbang yang tampan. (Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah survei yang dilakukan oleh Zap Beauty Index 2023 menyebutkan bahwa perempuan Indonesia lebih tertarik dengan pria yang wangi ketimbang pria yang tampan.

Melansir Kompas.com, survei tersebut melibatkan 9.010 perempuan Indonesia yang berusia 12-66 tahun.

Hasilnya, 67,5 persen perempuan dalam survei itu mengaku lebih tertarik dengan pria yang wangi ketimbang mempertimbangkan kriteria tinggi badan dan gaya berpakaian mereka.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami, Lakukan 7 Kebiasaan Ini!

Mengapa demikian?

Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti di Eropa mengungkapkan bahwa perempuan lebih banyak menggunakan indera penciuman, sementara pria lebih banyak menggunakan indra penglihatan.

Studi yang diterbitkan di jurnal Personality and Individual Differences itu menunjukkan bahwa bagi perempuan, wangi merupakan faktor penting dalam memilih pasangan.

Penelitian itu juga membuktikan bahwa perempuan lebih menggunakan simbol atau aroma pria, bahkan dalam konteks non-seksual.

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat di Pagi Hari Bisa Bikin Berat Badan Turun?

Pada studi lain yang mempelajari otak manusia, perempuan mampu mendeteksi kecocokan biologis pria melalui aroma.

Perempuan memiliki indra penciuman yang lebih kompleks yang mampu menanggapi aroma tubuh pria dengan cara yang berbeda ketimbang aroma lainnya, seperti aroma lingkungan, benda, atau binatang.

Sementara, pria menanggapi semua sumber aroma dengan cara yang sama, sesuatu yang berbaik enak atau tidak enak.

Baca Juga: Jadi Word of the Year 2022, Apa Arti Gaslighting? Simak Tanda-Tanda Anda Jadi Korban Gaslighting

Lebih lanjut, perempuan cenderung dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang wewangian. Hidungnya terlatih untuk memilih isyarat halus yang seringkali tidak dapat dideteksi oleh pria.

Jadi, jika Anda tengah mencoba mendekati seorang perempuan, tetapi belum berhasil, padahal sudah merasa berpakaian rapi. Coba perhatian bau Anda.


 




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x