Kompas TV entertainment selebriti

Gemas! Jan Ethes Ambil Udik-Udik yang Dibagikan Iriana Jokowi, Kaesang Protes: Kok Diambilin, Jangan

Kompas.tv - 11 Desember 2022, 10:34 WIB
gemas-jan-ethes-ambil-udik-udik-yang-dibagikan-iriana-jokowi-kaesang-protes-kok-diambilin-jangan
Aksi lucu Jan Ethes ambil udik-udik yang dibagikan Iriana Jokowi saat ngunduh mantu Kaesang dan Erina di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022). (Sumber: Tribun Solo)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Tingkah lucu salah satu cucu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Jan Ethes Srinarendra, kembali tertangkap kamera saat bocah kecil itu memunguti udik-udik yang ditebar Ibu Negara Iriana Jokowi saat prosesi ngunduh mantu Kaesang Pangarep-Erina Gudono.

Udik-udik berupa butiran beras dan uang logam tersebut disebar di sepanjang karpet merah yang ada di Loji Gandrung, Rumah Dinas Walikota Solo, Minggu (11/12/2022).

Baca Juga: Momen Nikahan Kaesang-Erina yang Curi Perhatian: Wajah Tegang Kaesang, Aksi Jan Ethes Bawakan Cincin

Tradisi ini dilakukan setelah semua rangkaian upacara adat ngunduh mantu dilakukan. Ngunduh mantu Kaesang dan Erina dimulai dengan pasrah panampi boyong temanten atau menyerahkan mempelai perempuan ke laki-laki.

Kemudian, adat gepyokan atau minum. Lalu, pemakaian kain sindur ke kepala kedua pengantin, pangabekten atau sungkeman, tumplak punjen, hingga menebar udik-udik.


 

Melihat neneknya menebar udik-udik, Jan Ethes pun kegirangan mengambil uang logam yang berceceran. Dia pun tampak senang mendapatkan banyak uang logam.

Melihat aksi keponakannya, sang pengantin, Kaesang Pangarep, pun protes dan meminta Jan Ethes untuk tidak mengambil udik-udik tersebut.

“Kok diambili, jangan diambili,” kata Kaesang, seperti dikutip dari Tribun Solo.

Baca Juga: Cincin Kawin Kaesang-Erina akan Dibawakan Jan Ethes dan Sedah Mirah

Usai upacara adat ngunduh mantu, Kaesang dan Erina, serta rombongan keluarga melakukan kirab menggunakan kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran.

Jan Ethes yang ikut kirab berada dalam satu kereta kuda bersama Jokowi dan Iriana. Tak cuma duduk, Jan Ethes juga sibuk menyapa warga dan melambaikan tangan.

Tingkah lucu Jan Ethes di pernikahan Kaesang Pangarep beberapa kali muncul. Termasuk saat putra Gibran dan Selvi itu mendadak menjadi juru bicara di hadapan awak media.

Selain itu, Jan Ethes juga berperan membawa cincin kawin Kaesang dan Erina di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu(10/11).



Sumber : Tribun Solo


BERITA LAINNYA



Close Ads x