Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Minta Doa Restu Masyarakat untuk Kelancaran Prosesi Pernikahan Kaesang-Erina

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 12:06 WIB
jokowi-minta-doa-restu-masyarakat-untuk-kelancaran-prosesi-pernikahan-kaesang-erina
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Jokowi ditemani Bobby Nasution menemui awak media seusai menjalani prosesi siraman Kaesang Pangarep di kediamannya di Sumber, Banjarsari, Surakarta, Jumat (9/12/2022). (Sumber: Kompas TV/Rizky L. Pratama)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta doa restu masyarakat untuk pernikahan Kaesang-Erina agar prosesi bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Hal tersebut diucapkan Jokowi usai menjalani prosesi siraman Kaesang Pangarep di kediamannya di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Jumat (9/12/2022).

"Alhamdulillah, tadi proses untuk sungkeman dan siraman sudah berjalan dengan baik lancar," buka Jokowi pada wartawan usai acara siraman.

"Kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya, midodareni dan ijab kabul dan dilanjutkan tasyakuran di Puro Mangkunegaran semua bisa berjalan dengan baik," ucapnya.

Selain meminta doa restu, Jokowi juga memohon maaf kepada masyarakat di Solo dan Yogyakarta apabila ada yang terganggu kenyamanannya selama prosesi pernikahan Kaesang-Erina.

"Kami mohon maaf sebesar besarnya apabila dalam proses ini, dimulai dengan tadi pagi sungkeman dan siraman, nanti sampe di tasyakuran Puro Mangkunegaran, apabila ada yang terganggu kenyamannya, kami sekeluarga memohon maaf yang sebesar besarnya utamanya kepada masyarakat Yogyakarta dan Solo," imbuh Jokowi.

Baca Juga: Lakoni Prosesi Siraman, Kaesang dan Iriana Jokowi Bertangisan

Seperti yang diketahui, Jokowi akan menikahkan putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep dengan gadis bernama Erina Gudono.

Usai Salat Jumat, Jokowi dan Keluarga ke Yogyakarta

Setelah menjalani prosesi sungkeman dan siraman hari ini, prosesi selanjutnya adalah midodareni yang akan digelar kediaman Erina Gudono di Yogyakarta malam nanti.

Keluarga Jokowi kini dikabarkan akan beristirahat dulu di kediaman dan menunaikan salat Jumat. Setelah menunaikan salat jumat, keluarga Jokowi akan bergegas ke Yogyakarta.

"Salat Jumat dulu langsung menuju Yogyakarta," kata Jokowi, dikutip dari TribunSolo.com, Jumat (9/12).

"Persiapan nanti malam," tambah Jokowi.


Selanjutnya, prosesi ijab qabul dan acara adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilangsungkan di Roya Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12) besok.

Terakhir, prosesi pernikahan Kaesang-Erina akan ditutup dengan tasyakuran atau ngunduh mantu yang digelar di Ndalem Agung Lodji Gandrung Solo yang kemudian berlanjut ke Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12).

Selama acara tasyakuran, akan digelar pesta rakyat dalam kegiatan car free day dengan membagikan makanan gratis kepada masyarakat.

Baca Juga: Diiringi Tangis, Ini Pesan dan Doa Ibunda Pada Erina Gudono Jelang Pernikahannya dengan Kaesang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x