Kompas TV entertainment selebriti

Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang-Erina: Begini Pantauan Prosesi Siraman di Yogyakarta

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 08:34 WIB
rangkaian-acara-pernikahan-kaesang-erina-begini-pantauan-prosesi-siraman-di-yogyakarta
Foto prewedding Erina dan Kaesang. Ribuan polisi akan dikerahkan mengamankan lima titik lokasi saat perhelatan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. (Sumber: Instagram Erinagudono via tribunnews.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

SLEMAN, KOMPAS.TV - Jelang akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, calon mempelai perempuan akan melaksanakan prosesi siraman di Yogyakarta pagi ini, Jumat (9/12/2022).

Jurnalis Kompas TV Michael Aryawan melaporkan, rangkaian acara siraman di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59 Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu akan diawali dengan majang tarub atau pemasangan Bleketepe.

Bleketepe atau anyaman daun kelapa yang masih berwarna hijau itu akan dipasang oleh kakak Erina, Allen Adam Rinaldy Gudono, yang menggantikan ayahnya, almarhum Profesor Gudono.

Selanjutnya, prosesi akan dilanjutkan dengan pemasangan tuwuhan, yakni berbagai jenis bagian tumbuhan, di antaranya pohon pisang raja yang buahnya sudah masak, tebu wulung, dan berbagai macam dedaunan.

Tuwuhan bermakna harapan orang tua calon pengantin agar pasangan pengantin nantinya dikaruniai keturunan.

Baca Juga: Pernikahan Kaesang-Erina: Pagi Ini Calon Pengantin Jalani Prosesi Siraman, Ada Tradisi Cethik Geni

Kemudian, prosesi dilanjutkan dengan Cethik Geni (menyalakan api) dan adhang sepisan (memasak nasi pertama kali).

Prosesi ini rencananya akan dilakukan oleh ibu Erina di dekorasi dapur kuno yang sudah terpasang di halaman rumah mereka.

Lalu setelah itu, ada rangkaian mencampur air dari tujuh sumber. Sumber air siraman Erina berasal dari air zam-zam, air dari rumah calon mempelai laki-laki dan perempuan, air dari Keraton Yogyakarta, air dari Keraton Surakarta, air dari Pura Pakualaman, serta air dari Pura Mangkunegara.

Selain itu, ada juga prosesi sungkeman dan langkahan yang harus dilakukan oleh Erina, karena ia mendahului dua kakaknya yang belum menikah.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x