Kompas TV nasional update

Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang, Dimulai dari Pengajian di Rumah Erina Hari Ini

Kompas.tv - 8 Desember 2022, 07:14 WIB
rangkaian-acara-pernikahan-kaesang-dimulai-dari-pengajian-di-rumah-erina-hari-ini
Kaesang Pangarep (bertopi) mengikuti geladi bersih prosesi akad nikah di Pringgitan Pesanggrahan Ambarrukmo, Yogyakarta, Selasa (6/12/2022). (Sumber: KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan calon istrinya Erina Gudono akan dimulai pada hari ini, Kamis (8/12/2022).

Mengutip Tribunnews, rangkaian acara pernikahan dimulai dari pengajian yang digelar di rumah Erina di Sleman pada Kamis (8/12/2022). Ibunda Erina mengundang tetangga sekitar dan kerabat dekatnya untuk menghadiri pengajian tersebut.

Selain pengajian, diadakan juga acara semaan Alquran atau tradisi membaca, menyimak dan mendengarkan pembacaan Alquran.

"Acaranya Kamis besok. Semaan Alquran katanya dari pondok (pesantren). Nah yang pengajian ibu-ibu. Kami diundang untuk pengajian, yang ibu-ibu," kata Sriwarni, tetangga dekat Erina Gudono kepada Tribunnews.com.

Baca Juga: Putra Bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep Tinjau Persiapan Tempat Nikah di Mangkunegaran

Selanjutnya ada prosesi siraman pada Jumat (9/12/2022), pagi, tepatnya pukul 07.30 WIB. Seluruh acara itu digelar di rumah orangtua Erina di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59 Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


 

Keluarga Erina juga akan menjalani prosesi adat Chetik Geni Pisanan di hari yang sama. Tradisi ini akan dilakukan oleh pihak Keluarga Erina sebagai simbol menyalakan api pertama untuk menjamu tamu. Membuat api yang pertama inilah disebut chetik geni.

"Yang nyetik (geni) nanti Bapak atau yang mewakili (dari keluarga Erina)," kata salah seorang panitia acara, Anjas Larasati, ditemui Tribunnews saat mempersiapkan dekorasi di depan rumah Erina, Rabu (7/12/2022).

Dalam tradisi chetik geni ini dibuat deklarasi dapur kuno yang berada di depan rumah Erina, tepatnya di bagian garasi. Dapur kuno tersebut terbuat dari gedek (anyaman bambu), anyaman jerami dan peralatan masak zaman dahulu seperti gerabah, kayu maupun kuningan.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Sang Putra Bungsu Kaesang Pangarep, Keluarga Presiden Jokowi Tur Keliling Solo

Anjas mengatakan, dalam tradisi chetik geni ini yang dimasak biasanya adalah beras atau masak nasi pertama. Tradisi ini dilakukan bagi keluarga di Yogyakarta yang memiliki hajat mantu pertama.

"Kalau di Jogja mantu pertama. Menandakan hajat mantu pisanan. (Yang cetik geni), Orang tua dari mantu putri atau yang mewakili," ujar Anjas.

Sedangkan Kaesang menjalani siraman di Solo juga pada Jumat 9 Desember. Seperti dikutip dari Kompas.com, selanjutnya pada Sabtu (10/12/2022), akad nikah digelar di Hotel Royal Ambarukmo, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Mas kawin berupa seperangkat alat sholat dan uang tunai Rp300.000 disiapkan Kaesang untuk Erina. Akad nikah akan dihadiri undangan terbatas yakni sekitar 150 undangan.

Baca Juga: Kata Kaesang Pangarep saat Ditanya soal Kesiapan Jelang Pernikahan

Selanjutnya pada Minggu (11/12/2022), Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan mengadakan acara ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran. Kedua pengantin akan memulai kirab menggunakan kereta kencana dari Loji Gandrung yang merupakan kantor Wali Kota Solo, menuju Pura Mangkunegaran.

Kirab akan dimulai pada pukul 08.30 WIB dan acara resepsi akan dimulai pada pukul 09.30 WIB.




Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x