Kompas TV olahraga sapa qatar

Prediksi Jepang vs Kroasia: Adu Statistik, Efektivitas Serangan Bisa Jadi Pembeda

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 14:23 WIB
prediksi-jepang-vs-kroasia-adu-statistik-efektivitas-serangan-bisa-jadi-pembeda
Para pemain Timnas Jepang merayakan gol yang dibuat Takuma Asano saat mengalahkan Jerman 2-1 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Rabu (23/11/2022). Memasuki babak 16 besar Piala Dunia 2022, laga Jepang vs Kroasia pada Senin (5/12/2022) diprediksi akan berlangsung ketat, efektivitas serangan dapat berperan vital. (Sumber: AP Photo/Eugene Hoshiko)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

DOHA, KOMPAS.TV - Prediksi pertandingan Jepang vs Kroasia dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 mengarah pada keunggulan kubu Luka Modric dkk dari sisi penguasaan bola atau ball possession.

Namun, efektivitas serangan bisa jadi pembeda dalam pertandingan yang kick-off di Stadion Al Janoub, Qatar, pada Senin (5/12/2022) mulai pukul 22.00 WIB malam ini.

Di Grup E, data Whoscored menunjukkan, Kroasia punya rerata penguasaan bola 53,8 persen tiap pertandingan.

Catatan itu jauh lebih unggul ketimbang Jepang yang hanya menguasai rerata 32,1 persen pada variabel yang sama di Grup F.

Ball possession Samurai Biru tercatat sebagai yang terendah di antara kontestan babak 16 besar lainnya.

Baca Juga: Statistik Tim 16 Besar Piala Dunia 2022: Tembakan, Konversi, Gol, Kebobolan & Ball Possesion

Efektivitas Serangan

Anak asuh Hajime Moriyasu memang tak lama menguasai bola, tetapi ketajaman serangan balik mereka sudah terbukti ampuh bikin frustasi tim lawan.

Spanyol (1-2) dan Jerman (1-2) jadi korban. De Panzer bahkan dipaksa angkat kaki lebih awal kendati sempat dianggap wakil favorit Grup E bersama La Furia Roja.

Satu-satunya perusak rekor Jepang malah datang dari Kosta Rika (0-1), dan itu terjadi ketika Samurai Biru leluasa memegang kendali pertandingan (ball possession 57 persen).

Hasil dua kemenangan, sekali tumbang, bikin 4 gol dan jebol 3 kali, membawa Takefusa Kubo dkk lolos sebagai juara Grup F.

Baca Juga: Daftar Tim Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Format, Bagan dan Jadwal

Berpindah ke kubu seberang, Kroasia juga sama-sama mencetak 4 gol, tetapi itu terjadi dalam satu-satunya kemenangan mereka di Grup F melawan Kanada.

Dua laga lain kontra Maroko dan Belgia berakhir imbang tanpa gol. Anak asuh Zlatko Dalic akhirnya lolos sebagai runner-up Grup F di bawah Maroko.

Lalu bagaimana statistik Jepang dan Kroasia di fase grup?

Ternyata dari sisi jumlah tembakan dan gol yang dihasilkan, kedua tim bisa dibilang berimbang. Masing-masing bikin rerata 10 tembakan tiap pertandingan, sama-sama menghasilkan 4 gol pula.

Namun, dari sisi pertahanan, Kroasia lebih kuat karena baru jebol 1 gol saja.

Samurai Biru bobol 3 gol, 2 di antaranya terjadi pada babak pertama, saat melawan Jerman dan Spanyol, tim dengan penguasaan bola mumpuni.

Statistik per Laga
Fase Grup
Jepang vs Kroasia

(32%) Ball Possessions (54%)
(10) Tembakan (10)
(1,3) Gol (1,3)
(1) Kebobolan (0,3)
(15) Pelanggaran (10)
(2) Kartu Kuning (1)
(0) Kartu Merah (0)
(4) Sepak Pojok (4)
(2) Offsides (2)
(44%) Menang Duel Udara (43%)
(78%) Kesuksesan Passing (85%)


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x