Kompas TV internasional kompas dunia

PM India Pimpin G20, Serukan Persatuan G20 untuk Perjuangkan Perubahan Iklim, Terorisme dan Pandemi

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 23:00 WIB
pm-india-pimpin-g20-serukan-persatuan-g20-untuk-perjuangkan-perubahan-iklim-terorisme-dan-pandemi
Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden RI Joko Widodo. Modi pada Kamis (1/12/2022) mengatakan dunia harus bekerja sama untuk mengatasi tantangan terbesar perubahan iklim, terorisme, dan pandemi, saat India memulai kepresidenan G20 selama setahun. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BENGALURU, KOMPAS.TV — Perdana Menteri India Narendra Modi pada Kamis (1/12/2022) mengatakan, dunia harus bekerja sama untuk mengatasi tantangan terbesar perubahan iklim, terorisme, dan pandemi, saat India memulai kepresidenan G20 selama setahun.

Konflik Ukraina, yang dimulai dengan invasi Rusia pada bulan Februari, mendominasi pertemuan dua hari G20 di Indonesia bulan lalu, membuat frustrasi beberapa anggota yang menginginkan lebih banyak perhatian pada kesengsaraan ekonomi global.

“Hari ini, kita tidak perlu berjuang untuk kelangsungan hidup kita – era kita tidak perlu menjadi perang. Memang tidak boleh ada (perang),” kata Modi dalam deklarasi yang diterbitkan surat kabar India untuk menandai dimulainya kepresidenan G20 seperti dilansir Associated Press, Jumat (2/12/2022).

“Saat ini, tantangan terbesar yang kita hadapi, perubahan iklim, terorisme, dan pandemi, dapat diselesaikan bukan dengan berperang satu sama lain, tetapi hanya dengan bertindak bersama.” tegas Modi.

Komentarnya tentang perang menggemakan pernyataan yang dia buat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin pada konferensi regional pada bulan September lalu. Ketika itu, dia mengatakan kepada Putin bahwa sekarang bukan waktunya untuk perang. Komentarnya secara luas ditafsirkan sebagai teguran ringan atas apa yang disebut Rusia sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina. 


 

Modi, dalam deklarasi hari Kamis, mengatakan India akan mendepolitisasi pasokan global makanan, pupuk, dan produk medis sehingga ketegangan geopolitik tidak mengarah pada gangguan global.

Baca Juga: Momen Jokowi Peragakan Bersalaman dengan Pemimpin Negara G20: Kita Tidak Menunduk!

Perdana Menteri India Narendra Modi hari Kamis, (1/12/2022) mengatakan dunia harus bekerja sama untuk mengatasi tantangan terbesar perubahan iklim, terorisme, dan pandemi, saat India memulai kepresidenan G20 selama setahun. (Sumber: AP Photo)

India memulai kepresidenan Kelompok 20 G20 selama setahun, mengambil alih dari Indonesia pada saat kekacauan geopolitik dan ketidakpastian atas pemulihan ekonomi pascapandemi.

India secara resmi mengambil perannya sebagai ketua Kelompok 20 ekonomi terkemuka untuk tahun yang akan datang pada hari Kamis dan menempatkan iklim sebagai prioritas utama kelompok tersebut.

Beberapa bidang utama yang akan menjadi fokus India selama masa kepresidenannya adalah program untuk mendorong kehidupan yang berkelanjutan dan dana bagi negara-negara untuk beralih ke energi bersih serta mengatasi dampak pemanasan dunia, kata para ahli.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x