Kompas TV regional berita daerah

Berlatih Membuat Kerajinan Dari Kain Perca

Kompas.tv - 30 November 2022, 19:13 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MALANG, KOMPAS.TV - Siapa yang menyangka jika kain perca atau limbah garmen yang biasa dibuang, bisa diolah menjadi karya yang memiliki nilai ekonomi. Hal inilah yang coba ditunjukan oleh Komunitas Kain Perca Malang Mapaquilts. Mereka menggelar pameran dan pelatihan keranjinan dari kain perca.

Sedikitnya  20 ibu rumah tangga di Kota Malang mengikuti pelatihan pemanfaatan kain perca. Pelatihan ini digelar selama sepekan  di gedung DPRD  kota malang. Pelatihan ini digelar disela sela pameran kain perca yang digelar oleh komunitas kain perca Malang. Beragam karya dari kain perca dipamerkan dalam ajang dua tahunan ini.

Dewi, salah satu ibu rumah tangga yang ikut dalam pelatihan ini mengatakan, meski baru pertama kali belajar pemanfaatan limbah tekstil, dirinya cukup tertarik dengan kerajinan ini. Untuk itu, dirinya tertarik untuk mengembangkan kerajinan ini menjadi usaha rumahan yang bisa mendatangkan rupiah.

Sementara itu, Lusiana Limono, penggagas pameran dan pelatihan ini menjelaskan bahwa, perempuan atau ibu rumah tangga menjadi salah satu target dalam pengenalan kain perca. Menurut lusi, kain perca yang mudah didapat selama ini belum banyak dilirik untuk dijadikan kreasi.

Dengan pameran dan pelatihan ini, komunitas kain perca berharap ada ketertarikan dari peserta latihan dan pengunjung untuk mulai menggunakan kain perca sebagai bahan kerajinan, karena selain bisa memanfaatkan limbah, jika ditekuni kreasi kain perca juga bisa mendatangkan rupiah.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x