Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jokowi Sebut Provinsi Paling Bahagia adalah Maluku Utara, Ekonomi Tumbuh 27 Persen

Rabu, 30 November 2022 | 13:29 WIB
jokowi-sebut-provinsi-paling-bahagia-adalah-maluku-utara-ekonomi-tumbuh-27-persen
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022. (Sumber: Kompastv)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ekonomi nasional berhasil tumbuh positif pada kuartal III-2022, di tengah banyak negara yang melambat bahkan jatuh ke jurang resesi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Maluku Utara ekonominya tumbuh sampai 27 persen atau tertinggi di dunia.

"Pertumbuhan ekonomi tinggi di dunia itu Maluku Utara coba cek provinsi 27 persen," ungkap Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022) yang dipantau secara daring.

Jokowi menuturkan, pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut disebabkan oleh hilirisasi nikel yang dijalankan pemerintah bersama swasta dalam beberapa tahun terakhir.


Ketika harga nikel naik, maka daerah tersebut mendapatkan keuntungan besar. "Karena apa, lompatan itu karena hilirisasi. Di situ ada industri smelter ini akan tumbuh kalau disana tambah industri turunan nikel bisa dikerjakan di Maluku Utara," ujarnya.

Baca Juga: Menaker: UMP 2023 Lebih Tinggi dari Tahun Ini, Berdasarkan Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi

Meski demikian, Jokowi mengingatkan bahwa hal tersebut tidak akan berlangsung terus menerus. Hal ini lantaran harga akan turun dan bisa memberikan dampak negatif terhadap perekonomian daerah, sehingga harus bisa merawatnya.

"Saya berikan contoh Maluku Utara. Hati hati jangan main main karena pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara 27 persen. Bukan hati-hati gak baik, tapi hati-hati karena sudah baik dan jangan sampai jadi gak baik," kata Jokowi.

Adapun dalam kunjungannya ke Ternate sebulan lalu, Jokowi menyebutkan pula inflasi du Maluku Utara sebesar 3,3 persen. Dengan kata lain, hal ini berdampak pada harga-harga di pasar sangat stabil.

“Saya cek ke BI berapa sih inflasi di Maluku Utara, ternyata 3,3 persen. Gimana gak seneng rakyatnya inflasi hanya 3,3 pertumbuhan ekonominya 27 persen. Sehingga, saya berpesan ke Gubernur hati-hati jangan sampai salah policy (kebijakan) sehingga investasi yang masuk ke sana menjadi terhambat,” tuturnya.

Jokowi pun menyebut Maluku Utara sebagai provinsi paling bahagia. “Kerena angkanya jelas. Gubernurnya tenang nggak pernah bicara eh tahu-tahu 27 persen. Artinya apa, infrastruktur yang telah kita bangun di luar Jawa ini memberikan pengaruh yang besar pada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa,” ujarnya.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x