Kompas TV feature news or hoax

Menyembuhkan Luka Korban Gempa Cianjur - NEWS or HOAX

Kompas.tv - 29 November 2022, 14:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Indonesia dan gempa bumi adalah lingkaran kasih sayang alam. patahan lempeng benua dan cincin api vulkanis menjadi bagian hidup yang harus selalu diwaspadai sehari-hari. Pada hari Senin, 21 November 2022, gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Gempa terjadi pada pukul 13.21 WIB dengan magnitudo 5,6. kawasan terdampak gempa bumi yang paling parah adalah Kecamatan Cugenang, di wilayah barat daya Kabupaten Cianjur.

Prioritas yang dilakukan adalah menolong yang selamat dan evakuasi para korban yang terdampak. Jumlah pengungsi sesaat setelah kejadian mencapai 13.784 yang tersebar paling tidak di empat belas titik  lokasi pengungsian. Mayoritas korban dalam gempa memilukan ini adalah siswa-siswa sekolah yang sedang belajar di dalam kelas dan tertimpa reruntuhan bangunan.

Rangkaian cerita duka menyertai bencana gempa ini. Banyak warga yang harus kehilangan keluarga karena meninggal dunia atau bahkan belum jelas keberadaannya. Kesedihan dan kepedihan warga Cianjur mendapat respons dengan berbagai bantuan yang mulai mengalir. Tim gabungan bahu-membahu melakukan evakuasi membangun penampungan pengungsi, menyalurkan bantuan tenaga kesehatan, obat-obatan, air bersih, makanan, dan logistik kebutuhan dasar. Pemerintah bahkan menjanjikan akan membangun kembali rumah-rumah yang rusak terdampak bencana.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x