Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah China Longgarkan Pembatasan Ketat Covid-19 Usai Protes Rakyat yang Meluas

Kompas.tv - 28 November 2022, 23:51 WIB
pemerintah-china-longgarkan-pembatasan-ketat-covid-19-usai-protes-rakyat-yang-meluas
Pemerintah China hari Senin (28/11/2022) melonggarkan aturan pembatasan Covid-19 namun tetap menegaskan strategi nol-Covid 19 mereka setelah protes yang meluas di berbagai kota atas kerasnya aturan penguncian. (Sumber: AP Photo/Andy Wong)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BEIJING, KOMPAS.TV — Pemerintah China melonggarkan aturan pembatasan Covid-19 mereka setelah protes yang meluas di berbagai kota atas kerasnya aturan penguncian. Namun pemerintah China tetap menegaskan strategi "nol-Covid 19".

Pemerintah tidak memberi komentar atas protes atau kritik terhadap Xi Jinping, tetapi keputusan untuk melonggarkan beberapa pembatasan tampaknya ditujukan untuk meredam kemarahan.

Sementara analis memperkirakan pemerintah China tidak akan mundur dari strategi Covid-19 yang diterapkannya dan mencatat pihak berwenang mahir meredam perbedaan pendapat.

Tidak jelas berapa banyak orang yang ditahan sejak protes dimulai hari Jumat dan menyebar ke kota-kota termasuk Shanghai, pusat keuangan negara, dan ibu kota Beijing.

Pemerintah kota Beijing pada hari Senin mengumumkan tidak akan lagi memasang gerbang untuk memblokir akses ke kompleks apartemen tempat infeksi ditemukan.

Straits Times melaporkan pengumuman pemerintah China itu tidak menyebutkan kebakaran mematikan minggu lalu yang memicu protes, menyusul pertanyaan tentang apakah petugas pemadam kebakaran atau korban yang mencoba melarikan diri diblokir oleh pintu yang terkunci atau kontrol antivirus lainnya.

"Jalur harus tetap bersih untuk transportasi medis, pelarian darurat, dan penyelamatan," kata seorang pejabat kota yang bertanggung jawab atas pengendalian epidemi, Wang Daguang, menurut Kantor Berita resmi China.

Selain itu, kota metropolis manufaktur dan perdagangan Guangzhou selatan, hotspot terbesar dalam gelombang infeksi terbaru China, mengumumkan penduduk tidak lagi diharuskan menjalani tes Covid-19 massal, dengan alasan kebutuhan untuk menghemat sumber daya.

Baca Juga: Siasat Cerdik Anak Muda dan Publik China Untuk Memprotes Kebijakan Nol-Covid-19 Walau Sensor Ketat

China terpantau mulai melakukan sensor pada hari Senin (28/11/2922) untuk memadamkan tanda-tanda protes langka yang menuntut diakhirinya penguncian atau lockdown Covid-19. (Sumber: France24)

Urumqi, tempat kebakaran mematikan terjadi, dan kota lain di wilayah Xinjiang di barat laut mengumumkan pasar dan bisnis lain di daerah yang dianggap berisiko rendah akan dibuka kembali minggu ini dan layanan bus umum akan dilanjutkan.

"Zero Covid", yang bertujuan mengisolasi setiap orang yang terinfeksi, membantu menjaga jumlah kasus di China lebih rendah daripada di Amerika Serikat dan negara besar lainnya.

Tapi itu strategi itu mengurung jutaan orang di rumah mereka hingga empat bulan, dan beberapa mengeluh tentang kurangnya makanan dan pasokan medis yang dapat diandalkan.

Partai yang berkuasa berjanji bulan lalu untuk mengurangi gangguan dengan mengubah aturan karantina dan lainnya.

Tetapi penerimaan publik semakin tipis setelah lonjakan infeksi mendorong kota-kota untuk memperketat kontrol.

Pada hari Senin (28/11/2022), jumlah kasus harian baru naik menjadi 40.347, termasuk 36.525 yang tanpa gejala.

Surat kabar partai yang berkuasa People's Daily menyerukan agar strategi antivirusnya dilakukan secara efektif, menunjukkan bahwa pemerintah Xi tidak punya rencana untuk mengubah arah pelaksanaan kebijakan.

"Fakta sepenuhnya membuktikan setiap versi rencana pencegahan dan pengendalian bertahan dalam ujian praktik," tulis seorang komentator People's Daily.

Baca Juga: Kisah Pekerja Pesan Antar Bermotor di China saat Lockdown Covid: Lelah Jiwa Raga, Pulang Tidak Bisa

Malang tak dapat ditikung, mujur tak dapat dicegat, itulah nasib pengemudi pengantar bermotor di China di tengah maraknya penguncian Covid-19. (Sumber: France24)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x