Kompas TV nasional politik

Komisi I DPR Agendakan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI pada 30 November

Kompas.tv - 28 November 2022, 17:44 WIB
komisi-i-dpr-agendakan-uji-kelayakan-dan-kepatutan-calon-panglima-tni-pada-30-november
Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono (Sumber: dpr.go.id )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mengatakan adanya rencana uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI pada Rabu (30/11/2022). 

Hal ini mengingat DPR telah menerima surat presiden soal pergantian Panglima TNI pada hari ini yang baru akan diumumkan pada Rapat Paripurna Selasa besok.  

Baca Juga: Prabowo: Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa Sudah Melalui Seleksi Terbaik

"Hari Rabu sudah bisa dilakukan (uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI) kalau paripurnanya dilakukan besok. Kamis sudah bisa dibawa ke rapat paripurna, sehingga bisa dikembalikan ke presiden," kata Dave di Jakarta, Senin (28/11/2022). 

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan, ketika Surpres tersebut sudah masuk maka akan segera diproses Badan Musyawarah (Bamus) DPR untuk diagendakan dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR.

"Baru dari rapat paripurna akan menugaskan Komisi I menjadwalkan fit and proper test. Hasilnya pun kita akan kembalikkan ke pimpinan DPR," ujarnya.

Dave menilai dipilihnya KSAL Laksamana Yudo Margono menjadi calon tunggal Panglima TNI sudah tepat. Sebab, selama ini jenderal bintang empat itu telah menjalani tugasnya dengan baik dan tanggung jawab ketika menjadi orang nomor satu di matra angkatan laut. 

"(Selama menjadi KSAL) Menunjukkan kemampuan dia dalam mengelola permasalahan dengan baik. Kami yakin beliau bisa teruskan apa yang sudah dilakukan Pak Andika, menuju TNI yang profesional dan mapan." 

"Jadi siapapun yang presiden pilih, itu adalah yang terbaik. Ini adalah pilihan yang terbaik. (Yudo Margono) Komunikasi dengan kami berjalan dengan baik. Kami yakin bisa melanjutkan kepemimpinan TNI yang akan datang," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih KSAL Laksamana Yudo Margono menjadi calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

Hal itu tertuang dalam surat presiden (Surpres) terkait pergantian Panglima TNI yang dikirimkan ke DPR pada hari ini.

Adapun Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiunnya pada 21 Desember 2022.

Baca Juga: DPR Pastikan Jokowi Pilih KSAL Yudo Margono Jadi Calon Tunggal Panglima TNI

"Surpres baru saya terima hari ini, tidak ada pengambilan surat kembali atau wacana merubah nama yang sudah ada. Tidak ada sama sekali. Nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah KSAL Laksamana Yudo Margono," kata Ketua DPR RI Puan Maharani, Senin (28/11/2022). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x