Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah China Mulai Sensor Media Buntut Maraknya Protes Kebijakan Penguncian Covid-19

Kompas.tv - 28 November 2022, 14:04 WIB
pemerintah-china-mulai-sensor-media-buntut-maraknya-protes-kebijakan-penguncian-covid-19
China terpantau mulai melakukan sensor hari Senin, (28/11/2922) untuk memadamkan tanda-tanda protes langka yang menuntut diakhirinya penguncian atau lockdown Covid-19 (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

SHANGHAI, KOMPAS.TV – China terpantau mulai melakukan sensor hari Senin, (28/11/2922) untuk memadamkan tanda-tanda protes langka yang menuntut diakhirinya penguncian atau lockdown Covid-19, seperti laporan Straits Times, Senin, (28/11/2022) yang didorong oleh media sosial dan berkobar di kota-kota besar selama akhir pekan.

Sensor negara tampaknya telah 'membersihkan' media sosial China dari setiap berita tentang aksi unjuk rasa, serta menghapus referensi apa pun tentang aksi unjuk rasa di Twitter dan Platform weibo.

Video yang menunjukkan mahasiswa bernyanyi dalam protes dan aksi unjuk rasa di kota-kota lain juga telah menghilang dari WeChat, digantikan oleh pemberitahuan yang mengatakan bahwa konten tersebut dilaporkan sebagai "konten yang tidak patuh atau sensitif".

Pencarian di Weibo untuk tagar #A4 – referensi ke kertas kosong yang diadakan pada aksi unjuk rasa sebagai protes simbolis terhadap penyensoran – juga tampaknya telah dimanipulasi, sehingga hanya menampilkan segelintir postingan dari hari sebelumnya.

Kontrol informasi yang ketat di China dan pembatasan perjalanan yang berkelanjutan terkait dengan kebijakan nol-Covid membuat pengunjuk rasa di seluruh negara yang luas itu menantang.

Tetapi aksi unjuk rasa yang meluas seperti itu sangat jarang terjadi di mana pihak berwenang dengan keras menekan setiap dan semua oposisi terhadap pemerintah pusat.

Baca Juga: Demonstrasi Besar karena Lockdown Covid-19 di China, Sinyal Bahaya untuk Xi Jinping?

China terpantau mulai melakukan sensor hari Senin, (28/11/2922) untuk memadamkan tanda-tanda protes langka yang menuntut diakhirinya penguncian atau lockdown Covid-19 (Sumber: France24)

Protes juga terjadi pada Minggu di Wuhan, kota pusat tempat Covid-19 pertama kali muncul, sementara ada laporan demonstrasi di Guangzhou, Chengdu, dan Hong Kong.

Menyebar melalui media sosial, mereka dipicu oleh rasa frustrasi pada kebijakan nol-Covid pemerintah pusat, yang membuat pihak berwenang memberlakukan penguncian cepat, karantina yang lama, dan kampanye pengujian massal hanya untuk beberapa kasus.

Harian Rakyat yang dikelola negara menerbitkan sebuah komentar pada Senin pagi yang memperingatkan terhadap "kelumpuhan" dan "keletihan pertempuran" dalam perang melawan Covid-19 - tetapi berhenti jauh dari menyerukan diakhirinya kebijakan garis keras.




Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x