Kompas TV internasional kompas dunia

Foto Putri Kim Jong-un Kembali Muncul, Pergunjingan Suksesi Memanas di Media Barat

Kompas.tv - 27 November 2022, 15:26 WIB
foto-putri-kim-jong-un-kembali-muncul-pergunjingan-suksesi-memanas-di-media-barat
Dalam foto tanpa tanggal yang dirilis pemerintah Korea Utara pada Minggu, 27 November 2022, tampak pemimpin Kim Jong-un (kiri) dan putrinya (kanan) berjalan menuju sesi foto bersama mereka yang terlibat dalam peluncuran apa yang diklaim sebagai rudal balistik interkontinental Hwangsong-17, belum lama ini, di sebuah lokasi yang tidak disebutkan di Korea Utara. (Sumber: KCNA/Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

SEOUL, KOMPAS.TV - Putri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, kembali tampil di depan umum dalam foto-foto yang dirilis pemerintah negara tersebut pada Minggu (27/11/2022). Ia terlihat berfoto bersama sang ayah dan jajaran ilmuan rudal serta tentara.

Seperti dilaporkan Associated Press, Minggu, putri Kim Jong-un muncul di media Korea Utara dengan lebih banyak gelar kehormatan sebagai anak ayahnya yang "paling dicintai" atau "berharga".

Sang putri baru berusia sekitar 10 tahun, tetapi foto barunya memperdalam pergunjingan dan perdebatan tentang apakah sang putri akan menjadi pengganti Kim Jong-un.

Anak perempuan itu, yang diyakini sebagai anak kedua Kim bernama Ju Ae dan berusia sekitar 9 atau 10 tahun, pertama kali diperkenalkan ke dunia luar akhir pekan lalu dalam foto-foto media negara.

Foto-foto tersebut menunjukkan dia mengamati peluncuran rudal balistik antarbenua (intercontinental ballistic missile/ICBM) Korea Utara bersama orang tuanya dan pejabat lain.

Anak perempuan yang mengenakan mantel bengkak putih dan sepatu merah itu terlihat berjalan bergandengan tangan dengan Kim melewati rudal besar yang dimuat di truk peluncuran dan melihat rudal yang berdiri siap tembak.

Pada Minggu, Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) menyebut Kim Jong-un dan putrinya berfoto bersama dengan para ilmuwan, pejabat, dan lainnya yang terlibat dalam apa yang disebut peluncuran uji coba ICBM, Hwasong-17.

KCNA menggambarkan putri Kim sebagai anak Kim yang "paling dicintai" atau "berharga", gelar yang lebih terhormat daripada deskripsi sebelumnya tentang anak "(Kim) tercinta" pada berita 19 November.


Baca Juga: Ambisi Kim Jong-Un, Jadikan Korea Utara sebagai Kekuatan Nuklir Terbesar Dunia

Dalam foto tanpa tanggal yang dirilis pemerintah Korea Utara pada Minggu, 27 November 2022, tampak pemimpin Kim Jong-un (depan duduk) dan putrinya (kiri) berfoto bersama ilmuan dan pekerja seusai peluncuran apa yang diklaim sebagai rudal balistik interkontinental Hwangsong-17, belum lama ini, di sebuah lokasi yang tidak disebutkan di Korea Utara. (Sumber: KCNA/AP Photo)

 

Foto-foto yang dirilis media negara menunjukkan putrinya dengan mantel hitam panjang memegang lengan ayahnya saat keduanya berpose untuk difoto.

Putri Kim Jong-un tampak seperti ibunya yang cantik jelita, Ri Sol Ju, yang tidak terlihat dalam salah satu foto yang dirilis pada Minggu. Dia terlihat lebih dewasa daripada saat pertama kali ditampilkan di depan publik seminggu yang lalu.

Beberapa foto menunjukkan pasangan itu berdiri di tengah barisan tentara berseragam di depan rudal besar di atas truk peluncuran.

Yang lain menunjukkan putri Kim bertepuk tangan, berjabat tangan dengan seorang tentara atau berbicara dengan ayahnya ketika orang-orang bersorak di latar belakang.

"Ini tentu mengejutkan. Foto Kim Ju Ae berdiri di samping ayahnya saat dirayakan oleh teknisi dan ilmuwan yang terlibat dalam peluncuran ICBM terbaru, akan mendukung gagasan bahwa ini adalah awal dari posisinya sebagai calon penerus," kata Ankit Panda, seorang ahli dari Carnegie Endowment for International Peace.

"Media pemerintah menggarisbawahi cinta ayahnya untuknya lebih lanjut menggarisbawahi ini, saya pikir. Akhirnya, kedua penampilan publik pertamanya adalah dalam konteks senjata nuklir strategis — permata mahkota dari kemampuan pertahanan nasional Korea Utara. Menurut saya itu bukan kebetulan," kata Panda.

Setelah penampilan publik pertamanya, dinas mata-mata Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa mereka menilai gadis dalam foto itu adalah anak kedua Kim, yang berusia sekitar 10 tahun dan bernama Ju Ae.

Baca Juga: Mesra dengan Kim Jong-Un, Xi Jinping Ingin China dan Korea Utara Bekerja Sama demi Perdamaian Dunia

Dalam foto tanpa tanggal yang dirilis pemerintah Korea Utara pada Minggu, 27 November 2022, tampak pemimpin Kim Jong-un (tengah dengan mantel hitam) dan putrinya, berfoto bersama mereka yang terlibat dalam peluncuran apa yang diklaim sebagai rudal balistik interkontinental Hwangsong-17, belum lama ini, di sebuah lokasi yang tidak disebutkan di Korea Utara. (Sumber: KCNA/AP Photo)

 

Badan Intelijen Nasional Korsel mengatakan penampilan putri Kim Jong-un dalam foto-foto itu cocok dengan informasi bahwa dia lebih tinggi dan lebih besar daripada gadis lain seusianya.

Panda menilai pengungkapan Kim Ju-ae ke hadapan publik tampaknya mencerminkan tekad Kim Jong-un untuk melindungi keamanan generasi masa depan Korea Utara dalam menghadapi kebuntuan dengan Amerika Serikat.

Media Korea Selatan sebelumnya berspekulasi Kim memiliki tiga anak - lahir pada 2010, 2013 dan 2017 - dan anak pertama adalah laki-laki sedangkan yang ketiga adalah perempuan.

Anak perempuan yang tidak diungkap kemungkinan besar adalah anak yang dilihat pensiunan bintang NBA, Dennis Rodman, selama perjalanannya ke Pyongyang pada 2013.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x