Kompas TV regional berita daerah

Satgas Yonif RK 136/TS Rajut Kearifan Tarian dan Kerajinan Asli Papua Barat

Kompas.tv - 24 November 2022, 14:57 WIB
satgas-yonif-rk-136-ts-rajut-kearifan-tarian-dan-kerajinan-asli-papua-barat
Sebanyak 17 tim yang terdiri dari murid SD, SMA hingga para guru serta masyarakat sekitar, serta lebih dari 300 masyarakat datang berbondong untuk menyaksikan perlombaan tarian dan pameran kerajinan (Sumber: kompas.tv)
Penulis : KompasTV Makassar

MAYBRAT, KOMPAS.TV - Dalam rangka menumbuhkan kreatifitas kerajinan tangan dan melestarikan budaya tarian daerah Papua Barat, Satgas Organik Yonif Raider Khusus 136 /TS Pos Kotis Kumurkek mengajak kepada seluruh unsur pelajar dari SD hingga SMA serta masyarakat untuk turut memeriahkan acara perlombaan tarian daerah dan kerajinan tangan di lapangan volly, Distrik Aifat, Kab. Maybrat, Papua Barat, Rabu (23/11/2022).

Dalam keterangan Dansatgas Letkol Inf Andi Ariyanto, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengembalikan kepercayaan diri, sekaligus memotivasi supaya lebih bersemangat lagi dalam menjaga serta melestarikan budaya serta kerajinan asli daerah di masa yang akan datang serta dapat memperkenalkan lagi kepada masyarakat Indonesia tetang budaya tarian dan kerajinan asli Papua Barat.

“Melalui kegiatan perlombaan tarian dan pameran kerajinan tangan ini di harapkan seluruh masyarakat Papua Barat agar menjaga serta melestarikan budaya tarian serta kerajinan daerahnya. kegiatan ini merupakan kegiatan yang di adakan satgas Yonif RK 136/TS agar lebih dekat lagi kepada masyrakat serta mengembalikan rasa kepercayaan masyarakat terhadap satgas dalam menjaga dan menciptakan keamanan di Kabupaten Maybrat khususnya Distrik Aifat,” ujarnya.

Dijelaskannya ada sebanyak 17 tim yang terdiri dari murid SD, SMA hingga para guru serta masyarakat sekitar, serta lebih dari 300 masyarakat datang berbondong untuk menyaksikan perlombaan tarian dan pameran kerajinan, dalam kegiatan perlombaan antusias masyarakat serta unsur yang mengikuti perlombaan senang dan tampak riang bahagia.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam kesempatan tersebut kegiatan ini di buka langsung oleh Pj Bupati Dr. Bernhard Rondonuwu.

PJ Bupati Dr. Bernhard Rondonuwu, turut senang dan bangga atas apa yang dilakukan Satgas dengan diadakannya kegiatan ini agar masyarakat lebih menjaga nilai luhur serta budaya adat Papua Barat di Maybrat ini. Karena menurutnya dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memberikan aura positif serta membakitkan energi positif.

“Kegiatan perlombaan tarian dan kerajinan daerah ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan dan pertama kali yang di adakan oleh Satgas Yonif RK 136/TS di Kabupaten Maybrat, yang sebelumnya kegiatan ini belum pernah diadakan di Distrik Aifat Kabupaten Maybrat ini. melihat antusias, semangat dan keceriaan para murid, guru serta masyarakat di wilayah Maybrat Distrik Aifat terhadap kegiatan, menandakan bahwa keberadaan Satgas Satuan Organik Yonif RK 136/TS diterima baik oleh masyarakat,” katanya.


#kerajinantanganpapua
#Tariantradisionalpapua
#SatgasYonifRK136/TS



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x