Kompas TV nasional kesehatan

Salah Satu Manfaat Daun Bawang, Bisa Menurunkan Berat Badan

Kompas.tv - 24 November 2022, 14:58 WIB
salah-satu-manfaat-daun-bawang-bisa-menurunkan-berat-badan
Daun bawang. (Sumber: Pixabay/jackmac34)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Daun bawang adalah salah satu bahan makanan mengandung banyak manfaat.

Daun ini memiliki aroma dan rasa khas, daun bawang berfungsi sebagai pelengkap bumbu dan penyedap rasa. Bumbu dapur ini bertekstur cenderung lunak, sehingga sangat mudah untuk mengiris atau mencincangnya.

Selain itu daun bawang merupakan bahan makanan rendah kalori tetapi tinggi vitamin dan mineral. Daun bawang kaya akan flavonoid, salah satunya kaempferol, antioksidan yang juga bersifat antiinflamasi. Lantas, apa saja manfaat daun bawang?

Berikut manfaat mengonsumsi daun bawang bagi kesehatan:

1. Mengurangi peradangan

Daun bawang mengandung banyak kaempferol, senyawa anti-peradangan atau antiinflamasi. Zat ini sangat berguna mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan sendiri menjadi bentuk perlindungan alami tubuh untuk memulihkan diri dari infeksi, cedera, atau penyakit.

Kendati begitu, peradangan dalam jangka panjang justru membahayakan kesehatan. Dengan mengonsumsi daun bawang, akan membantu mengurangi peradangan, termasuk gejalanya seperti demam, nyeri, atau bengkak di bagian tubuh tertentu.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Dilansir dari Healthline, makanan kaya kaempferol seperti daun bawang turut bermanfaat menurunkan risiko serangan jantung. Bukan hanya itu, manfaat daun bawang untuk jantung juga berkat kandungan senyawa belerang bernama allicin.

Senyawa ini membawa khasiat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol, tekanan darah, dan pembentukan gumpalan darah.

3. Menurunkan berat badan

Hanya mengandung 31 kalori per 100 gram, daun bawang dapat membantu menurunkan berat badan. Terlebih, tanaman dari genus allium atau bawang-bawangan ini kaya akan air dan serat yang baik.

Baca Juga: Konstruksi Bangunan Disebut Penyebab Banyak Korban Gempa Cianjur, Ini Cara Bangun Rumah Tahan Gempa



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x