Kompas TV nasional update

Jokowi Ungkap Kendala Distribusi Logistik Korban Gempa Cianjur: Titiknya Banyak Sekali

Kompas.tv - 24 November 2022, 14:10 WIB
jokowi-ungkap-kendala-distribusi-logistik-korban-gempa-cianjur-titiknya-banyak-sekali
Jokowi di lokasi korban Cianjur pada hari ini, Kamis (24/11/2022) (Sumber: Kompas TV/Dedik Priyanto)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Kamis, (24/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Presiden mengatakan salah satu kendala dalam mendistribusikan logistik kepada korban gempa yakni banyaknya titik lokasi.

“Itu sulitnya mendistribusikan logistik kemudian juga mengevaluasi karena titiknya banyak sekali,” kata Jokowi usai meninjau korban gempa di RSUD Sayang Cianjur.

Oleh karena itu pada kemarin lusa (22/11/2022), Presiden memerintahkan jajarannya menggunakan helikopter untuk mendistribusikan logistik, apabila jalur darat dianggap tidak memungkinkan.

“Kenapa hari Selasa pagi saya sampaikan gunakan heli kalau diperlukan karena titiknya terlalu banyak medianya juga naik turun gunung yang tidak mudah,” katanya.

Baca Juga: Anak-anak Korban Gempa Cianjur Sambut Jokowi dengan Lagu Ojo Dibandingke di Posko Trauma Healing

Sebelumnya Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menjelaskan mengenai adanya keluhan masyarakat tentang bantuan yang belum diterima.


 

Suharyanto mengungkapkan pendistribusian akan menggandeng perangkat desa setempat untuk memastikan kebutuhan terpenuhi.

"Pendistribusian logistik, setiap pagi jam 8 para camat mengajukan kebutuhan dan akan disiapkan armada untuk melakukan pengiriman ke kantor camat jam 9 setiap pagi, nanti kepala desa, babinsa dan babinkatibmas mendistribusilan ke titik-titik pengungsian," ujarnya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh pihak untuk menyalurkan bantuannya melalui posko di Kantor Bupati Cianjur.

"Masyarakat dan lembaga lain yang ingin membantu masyarakat terdampak, satu pintu melalui posko, semua bantuan akan didistribusikan ke yang berhak," kata Suharyanto.

"Jangan distribusikan sendiri karena cuaca tidak baik, jalanan kecil, menyebabkan jalanan terhambat, ada laporan pasukan evakuasi terhambat karena itu. Kemudian banyak warga luar datang untuk menonton korban bencana, akan ditertibkan oleh TNI/Polri," katanya.

Baca Juga: Kekurangan Kain Kafan, Pengungsi Terpaksa Harus Satu Tenda dengan Jenazah-Jenazah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x