Kompas TV regional berita daerah

Gempa Cianjur, PP Muhammadiyah Kirimkan Relawan

Kompas.tv - 24 November 2022, 10:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pengurus Pusat Muhammadiyah memberangkatkan tim relawan untuk gempa Cianjur pada Selasa malam. Para relawan yang diberangkatkan ini berasal dari Muhammadiyah Disaster Management Center atau MDMC, organisasi sayap Muhammadiyah yang fokus menangani korban bencana alam.

Tim pertama yang diberangkatkan ini, bertugas untuk melakukan asesmen untuk ratusan relawan Muhammadiyah yang akan bertugas di Cianjur selama tiga bulan ke depan.

“Tim pertama ini kita berangkatkan sejumlah tujuh orang. Empat orang untuk melakukan dukungan untuk aji cepat, untuk memetakan beberapa titik pos pelayanan yang akan ditempati oleh Muhammadiyah, memetakan yang terdampak dan kebutuhannya," ujar Indrayanto, Kordinator MDMC Pusat.

"Yang kedua adalah logistik makanan yaitu dapur umum, yang kita siapkan sekaligus dengan mobil dapur umum dan operatornya. Yang ketiga ada dokter spesialis ortopedi, yang kita kirimkan berdasarkan permintaan dari Puskris untuk membantu layanan bedah tulang yang ada di Cianjur," sahutnya.

 

Para relawan ini juga ditugaskan melakukan pertolongan kedaruratan, mulai dari mendirikan dapur umum, hingga penanganan medis dan psikososial pasca gempa.

#gempa #cianjur #mdmc



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x