Kompas TV regional berita daerah

Kenalkan Kopi Kendal Dengan Berdayakan Santri

Kompas.tv - 23 November 2022, 16:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Potensi kopi di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang begitu banyak, menjadi modal santri Pondok Pesantren Manbaul Hikmah Kaliwungu Kendal, untuk mengembangkan kedai kopi. Para santri terlihat cekatan mengolah kopi asli Kendal untuk dijadikan sajian yang tidak kalah nikmat dengan barista di kedai kopi terkenal.

Basyarohman, pengasuh Ponpes Manbaul Hikmah mengatakan, usaha kreatif santri ini dimaksudkan untuk mempersiapkan masa depan mereka. Selain pandai mengaji dan berdakwah, santri juga harus mengetahui bisnis dan ekonomi. Dalam usaha ini, banyak pihak yang dilibatkan, diantaranya alumni dan orangtua santri yang memiliki kebun kopi di wilayah Kendal atas sebagai modal utama dalam usaha perekonomian santri ini.

Pemberdayaan lain, yang juga akan dilakukan oleh parta santri yaitu bisnis waralaba, dengan menggandeng kerjasama bersama alumni dan wali santri.

"Kami mengajarkan mereka untuk menunjang kehidupan kedepan. Tidak hanya mengaji tetapi juga ahli dibidang ekonomi sebagai perangkat untuk dakwah kedepan. Untuk kopi sendiri, kebetulan kami ada para alumni, wali santri, santri yang mempunyai bobot kopi di daerah Sukorejo dan Temanggung, sehingga kopinya kopi lokal," ujar Basyarohman.

Usaha yang dimiliki pondok pesantren ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan dan mempopulerkan kopi Kendal, karena cita rasa kopi kendal berbeda dan terasa lebih enak dibandingkan dengan kopi lain.

#kopi #ponpes #kendal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x