Kompas TV internasional kompas dunia

Barisan Nasional Masih Terpecah Mau Dukung Siapa, Minta Pertemuan dengan Raja Malaysia Diundur

Kompas.tv - 23 November 2022, 10:15 WIB
barisan-nasional-masih-terpecah-mau-dukung-siapa-minta-pertemuan-dengan-raja-malaysia-diundur
Mantan koalisi penguasa Malaysia Barisan Nasional hari Rabu, (23/11/2022) menginginkan lebih banyak waktu untuk memutuskan siapa yang akan didukung sebagai perdana menteri berikutnya (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Mantan koalisi penguasa Malaysia, Barisan Nasional,  hari Rabu, (23/11/2022) menginginkan lebih banyak waktu untuk memutuskan siapa yang akan didukung sebagai perdana menteri berikutnya. Ketidakpastian ini  memperpanjang kebuntuan politik yang muncul setelah pemilihan nasional yang tidak meyakinkan pekan lalu.

Seperti laporan Straits Times, Rabu, (23/11/2022), 30 anggota parlemen dari Barisan Nasional (BN) yang dipimpin UMNO punya dua pilihan: pemimpin oposisi Anwar Ibrahim dari Pakatan Harapan (PH) atau mantan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin yang memimpin Perikatan Nasional (PN). 

Sejak itu BN meminta untuk menunda audiensi hari Rabu dengan Raja Sultan Abdullah Ahmad Shah. Raja sejauh ini belum menanggapi.

“Jika memungkinkan, kami ingin menundanya untuk mempertimbangkan beberapa masalah,” kata wakil presiden Kongres India Malaysia MIC M. Saravanan. “Sekretaris Jenderal UMNO telah memberi tahu Istana tentang hal ini.”

MIC adalah anggota BN.

Dewan tertinggi BN mengadakan pertemuan hari Selasa malam tetapi para pemimpin yang hadir bungkam atas hasil pertemuan tersebut.

Ketua UMNO Sabah Bung Moktar Radin mengatakan ada “masa tenang” atau cooling down bagi Anggota Parlemen Barisan Nasional, dan tidak ada keputusan yang dibuat oleh koalisi.

“Kami memang berdiskusi, tapi keputusannya adalah cooling down agar tenang berpikir, karena kita punya 30 anggota parlemen di sini, kita tidak boleh ribut,” katanya.

Baca Juga: Pertarungan Politik Malaysia Buntu, Raja Minta Pembentukan Pemerintah Persatuan

Ketua Umum Barisan Nasional (BN) Ahmad Zahid Hamidi (kanan) dan Wakil Ketua BN Mohamad Hasan (kiri) memaparkan perkembangan hasil pertemuan BN, Senin (21/11/2022), di Kuala Lumpur. Setelah pemilu Sabtu (19/11/2022), BN hanya meraih 30 dari 222 kursi parlemen. Namun, BN diperebutkan Pakatan Harapan dan Perikatan Nasional untuk membentuk pemerintahan baru Malaysia. (Sumber: AFP/Vincent thian)

Pemimpin senior UMNO Hishammuddin Hussein secara singkat mengomentari masalah tersebut.

“Kalau tidak jadi, ya ditunda,” kata Datuk Seri Hishammuddin.

Sekretaris Jenderal MCA Datuk Chong Sin Woon mengatakan keputusan BN tetap berlaku - bahwa BN tidak akan mendukung koalisi Pakatan Harapan PH maupun Perikatan Nasional PN.

"Kami tidak akan mendukung pakta apa pun untuk membentuk pemerintahan," kata Chong singkat.

Malaysia berada dalam limbo politik sejak pemilihan umum 19 November.

PH memenangkan jumlah kursi parlemen tertinggi, tetapi 82 kemenangannya tidak mencapai mayoritas sederhana yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan.

Sebuah pakta dengan BN, yang memenangkan 30 kursi, akan membantunya memenuhi ambang batas 112 kursi yang disyaratkan. Namun BN pada Selasa mengatakan tidak akan mendukung baik PH maupun PN yang meraih 73 kursi.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x