Kompas TV nasional politik

Anggota Komisi VII DPR Minta PLN Gerak Cepat Tangani Pasokan Listrik di Cianjur

Kompas.tv - 22 November 2022, 14:15 WIB
anggota-komisi-vii-dpr-minta-pln-gerak-cepat-tangani-pasokan-listrik-di-cianjur
Seorang pria berjalan melewati sebuah rumah yang rusak setelah gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. (Sumber: AP Photo/Rangga Firmansyah)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta PT PLN (Persero) segera membentuk tim siaga bencana untuk membantu korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Politikus PKS itu menjelaskan, tim ini harus dapat menyediakan listrik di rumah sakit dan posko-posko penampungan korban gempa. 

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Kunjungi Langsung Korban Gempa Cianjur

Menurutnya, keberadaan pasokan listrik sangat penting agar kegiatan pertolongan dapat dilaksanakan dengan baik. Karena itu, PLN segera menyedikan listrik di wilayah terdampak.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar bantuan kepada para korban dapat disalurkan segera, termasuk soal keberadaan jaringan listrik, baik untuk keperluan rumah sakit, posko penampungan atau di rumah-rumah korban. Kami akan berkoordinasi dengan PLN agar kebutuhan listrik di wilayah bencana dapat terpenuhi," kata Mulyanto kepada wartawan, Selasa (22/11/2022).

Selain itu, kata dia, PLN perlu menyiagakan semua sumberdaya untuk melayani korban gempa Cianjur. 

Kemudian, tim juga harus memastikan keberadaan sambungan listrik di rumah masyarakat aman dan tidak membahayakan masyarakat.

Jika perlu, kata Mulyanto, PLN membentuk posko layanan bagi para korban gempa yang membutuhkan bantuan terkait penerangan dan kelistrikan.

“Menghadapi kondisi seperti ini PLN harus bisa bergerak cepat. Segera kerahkan semua potensi yang ada agar masyarakat dapat terbantu,” kata Mulyanto. 

Mulyanto menambahkan, belajar dari pengalaman penanganan bencana di beberapa daerah, peran PLN sangat penting. 

PLN di bawah koordinasi tim penanggulangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan diminta menyediakan pasokan listrik di titik-titik yang diperlukan. 

Baca Juga: Menko PMK: Gempa Susulan yang Guncang Cianjur Sudah Terjadi 122 Kali

“Pasokan listrik tersebut sangat dibutuhkan untuk keperluan pengobatan, komunikasi, penerangan bahkan transportasi," katanya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x