Kompas TV internasional kompas dunia

Keturunan Jawa sampai Batak di Pemilu Malaysia, Berkiprah Bentuk Pemerintahan Baru

Kompas.tv - 22 November 2022, 11:38 WIB
keturunan-jawa-sampai-batak-di-pemilu-malaysia-berkiprah-bentuk-pemerintahan-baru
Ketua Umum Barisan Nasional (BN) Ahmad Zahid Hamidi (kanan) dan Wakil Ketua BN Mohamad Hasan (kiri) memaparkan perkembangan hasil pertemuan BN, Senin (21/11/2022), di Kuala Lumpur. (Sumber: AP/Vincent Thian)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di balik gemerlap pemilu Malaysia, ada sejumlah keturunan suku-suku dari Indonesia yang berkontribusi secara langsung membentuk pemerintahan baru di Negeri Jiran.

Sejumlah politisi Malaysia, ternyata ada sebagian yang keturunan Batak, Jawa, dan Minang.

Mereka beberapa waktu belakangan ini terus merundingkan pembentukan pemerintahan Malaysia baru yang sampai hari ini pemerintahannya masih belum terbentuk.

Pada Senin (21/11/2022) siang, misalnya, beredar foto pertemuan petinggi Pakatan Harapan (PH) dan Barisan Nasional (BN). Pertemuan itu digelar di salah satu hotel di Kuala Lumpur.

Dalam foto itu, antara lain, terlihat Ketua Umum BN Ahmad Zahid Hamidi dan Sekretaris Jenderal PH Saifuddin Nasution Ismail. Keduanya adalah keturunan Jawa dan Batak. 

Zahid dikenal sebagai pemimpin partai yang mengupayakan kemajuan orang Melayu. Dalam pertemuan itu, ia memakai kemeja merah. 

Ayah Zahid keturunan Tionghoa Malaysia. Sedangkan ayah-ibu kandungnya adalah orang Jawa.

Ayah Zahid bernama Hamidi, ialah perantau asal Kulon Progo, DI Yogyakarta. Sedangkan ibunya, Tuminah, keturunan Ponorogo, Jawa Timur.

Dilansir dari kompas.id Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla pernah menyebut, Zahid pantas disebut sebagai orang Kulon Progo.

Zahid sendiri pernah mengungkapkan, ia rutin berbahasa Jawa Krama dengan orangtuanya. Sebab, kata dia, hal itu sudah diajarkan orang tua mereka, beserta delapan adiknya.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x