Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa saat Hujan Deras, Diamalkan Agar Terhindar Bencana dan Mendatangkan Keberkahan

Kompas.tv - 17 November 2022, 07:11 WIB
bacaan-doa-saat-hujan-deras-diamalkan-agar-terhindar-bencana-dan-mendatangkan-keberkahan
Ilustrasi. Imbas hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang Selatan pada Selasa (4/10/2022) sore, Tol BSD Dilanda Banjir. Berikut bacaan doa hujan yang bisa diamalkan (Sumber: Kompas.com/Istimewa)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada hari ini, Kamis (17/11/2022) sebagian besar wilayah di Indonesia diperkirakan akan mengalami potensi hujan. Di Jakarta, misalnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri melaporkan, hujan bakal mengguyur dari pagi sampai malam hari. 

Tak jarang, hujan yang deras dan terus menerus bisa berubah jadi pemicu bencana seperti banjir maupun longsor. Ketika hujan terjadi terus menerus, kita dianjurkan untuk berusaha dan berdoa agar  kejadian buruk seperti bencana atau sejenisnya tidak datang. 

Rasulullah SAW sendiri menganjurkan umat Islam untuk membaca doa sebagai ikhtiar agar senantiasa mendapatkan perlindungan dari-Nya. Salah satunya lewat doa hujan yang bisa diamalkan berikut ini. 

Sebab, hujan, pada dasarnya adala barakah dalam Islam. Seperti halnya firman Allah SWT:

Dialah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. (Surat An-Nahl ayat 10)

Doa saat hujan deras berikut ini diriwayatkan dalam hadis Bukhari. Dikisahkan, Rasulullah Saw berdoa agar hujan lebat yang terjadi waktu itu reda dan berganti dengan cuaca kembali cerah dan menjadi keberkahan.

Baca Juga: Doa Rasulullah Jika Melihat Pertanda Buruk, Diamalkan agar Tidak Menimpa Diri Kita

Bacaan Doa Ketika Hujan Deras

Bacaan doa saat turun hujan lebat (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin: Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Wallahua’lam.

Baca Juga: Suku Bunga BI Naik dan Cicilan pun jadi Bengkak, Baca Amalan Ini agar Bisa Lunasi Hutang

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x